PPIH Arab Saudi galang bantuan untuk korban gempa Lombok

id Gempa Lombok,PPIH Arab Saudi

PPIH Arab Saudi galang bantuan untuk korban gempa Lombok

Seorang perempuan melintas dekat kios yang temboknya roboh pascagempa bumi di Dusun Lendang Bajur, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan laporan sementara jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter sampai dengan pukul 03.20 Wita Senin 6 Agustus 2018 sebanyak 82 orang. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pd/18) (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pd/18/)

Mekkah, (Antaranews Sumbar) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Makkah terus menggalang bantuan dana untuk korban gempa di Lombok dari seluruh panitia dan jamaah haji di Tanah Suci.

"Kami telah mengedarkan imbauan ke seluruh sektor untuk memberikan sumbangan sebagai bentuk rasa solidaritas," kata Kepala Daker Makkah Endang Jumali di Mekkah, Jumat (10/8) malam.

Dia mengatakan dana yang dikumpulkan akan disatukan dengan dompet peduli bencana di Kementerian Agama sehingga satu pintu.

"Nanti kalau sudah terkumpul semua akan kami serahkan ke Kemenag pusat agar dijadikan satu," katanya.

Bantuan yang masuk di Daker Makkah, kata dia, saat ini baru terhimpun dari Sektor 7 Mekkah senilai Rp54.112.000 dan 3.695 Riyal Saudi. Bantuan akan terus dihimpun dari berbagai sektor yang ada di kawasan Mekkah.

Dia berharap agar sektor lain dapat segera menyusul untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Diberitakan, gempa bumi mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya. Bencana itu menewaskan ratusan jiwa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga sudah meminta jajaran di Kemenag untuk turut bergerak meringankan beban para korban di Lombok tersebut.

"Segera lakukan program penanggulangan musibah ini. Kita fokus pada keluarga besar Aparatur Sipil Negara Kemenag yang terkena dampak," kata dia. (*)

Baca juga: Presiden minta pencarian korban gempa Lombok yang hilang diprioritaskan

Baca juga: Korban meninggal gempa lombok terverifikasi 259 orang

Baca juga: TGB: yang mempolitisasi gempa cacat iman