Harapan Apindo terhadap pilpres

id Hariyadi Sukamdani,Apindo

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) berdialog dengan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani (kiri) serta Ketua Bidang Pertanian Apindo Anton Supit (ketiga kiri) usai bertemu Presiden Joko Widodo membahas kebijakan dunia usaha di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/9). Apindo menyampaikan rekomendasi dunia usaha antara lain percepatan pembangunan di bidang infrastruktur, pertumbuhan industri dalam negeri sebagai pengganti impor, pengurangan biaya gas, meningkatkan ekspor yaitu dengan percepatan perjanjian perdagangan internasional. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/foc/15.)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengharapkan proses menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang terus berada dalam keadaan sejuk dan tidak memanas agar jangan mengganggu kondusivitas situasi perekonomian.

"Kami perhatikan sepertinya perhelatan pilpres mendatang akan berjalan dengan sejuk dan aman," kata Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan petahana Presiden Joko Widodo memilih Ma'ruf Amin yang merupakan Ketua MUI sebagai wakilnya, dinilai berpotensi mengurangi kadar politik identitas dalam Pilpres.

Sedangkan untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ia berpendapat bahwa mungkin para pemilih masih melihat bahwa keduanya belum terlalu banyak berpengalaman dalam bidang pemerintahan.

Namun, lanjutnya, yang harus diperhatikan adalah perilaku dari tim sukses masing-masing calon, yang diharapkan tidak sampai memanaskan suasana dengan membawa beragam isu panas dalam kampanye.

Di tempat terpisah Associate Director Colliers International (konsultan properti) Ferry Salanto menyatakan bahwa adanya kepastian siapa saja sosok yang menjadi calon presiden membuat investor tenang.

"Kepastian itu kata kuncinya," kata Ferry Salanto.

Menurut dia, sebelum adanya kepastian siapa saja yang bakal menjadi capres dan cawapres, hal itu juga mempengaruhi pemikiran investor.

Dengan adanya kepastian terhadap siapa saja yang akan mengikuti Pemilihan Presiden tahun 2019, maka dinilai juga akan memberikan sinyal yang positif.

Pada Jumat ini, pasangan capres-cawapres baik Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar