Sapi milik petani Tanah Datar dipilih sebagai hewan kurban Jokowi

id sapi kurban, jokowi, presiden, tanah datar

Sapi kepunyaan Almuhadis disiapkan sebagai hewan kurban Presiden Jokowi untuk daerah Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Seekor sapi milik salah seorang peternak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) disiapkan sebagai salah satu sapi kurban Presiden Jokowi yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Daryanto Sabir di Batusangkar, Jumat, mengatakan sapi tersebut merupakan kepunyaan peternak bernama Almuhadis dari Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab.

"Sapi berumur 37 bulan dengan berat 1.049 kilogram atau di atas satu ton tersebut menjadi salah satu opsi untuk jadi hewan kurban Presiden Jokowi," katanya.

Ia menyebutkan, sapi asal Tanah Datar tersebut merupakan salah satu dari beberapa ekor sapi yang ditawarkan oleh pihak Dinas Peternakan provinsi di samping sapi dari beberapa kabupaten lain.

Menurut dia, diantara seluruh sapi yang disiapkan tersebut nantinya akan dipilih satu ekor sapi yang dinilai layak untuk menjadi hewan kurban presiden di daerah Sumbar.

"Nanti akan ada tim khusus yang turun langsung ke lapangan guna menilai layak atau tidak layaknya sapi tersebut," ujarnya.

Selain dari Tanah Datar, dari daerah Kabupeten Agam juga terdapat dua ekor sapi jenis simental yang termasuk sebagai kandidat hewan kurban presiden.

Sebelumnya pelaksana harian (Plh) Dinas Pertanian Agam, Arief Restu mengatakan kedua ekor sapi tersebut merupakan milik peternak di Kecamatan Tilatang Kamang dan Ampekangkek, Agam.

Satu sapi merupakan kepunyaan Datuak Palindih di Nagari Gaduik Tilatang Kamang dan satunya kepunyaan Rasyid yang merupakan warga Lundang Ampekangkek.

"Kedua sapi tersebut memiliki berat di atas satu ton dan sapi itu merupakan hasil budidaya mereka sendiri," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar