Nagari Lansano Taratak Pesisir Selatan targetkan renovasi 100 rumah tidak layak huni

id Nopen Hendri

Wali Nagari Lansano Taratak, Nopen Hendri. (ist)

Mudah-mudahan dana desa tetap disalurkan oleh pemerintah pusat sehingga program ini terlaksana menyeluruh namun jika ada perubahan kebijakan maka kami akan menempuh upaya lain
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Nagari (desa Adat) Lansano Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan merenovasi 100 unit rumah tidak layak huni milik masyarakat setempat.

"Kegiatan tersebut merupakan prioritas dan telah kami masukkan ke dalam rencana pembangunan jangka menengah nagari," kata Wali Nagari setempat, Nopen Hendri di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, tahun depan pihaknya akan merenovasi sebanyak sepuluh unit rumah tidak layak dan akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

"Mudah-mudahan dana desa tetap disalurkan oleh pemerintah pusat sehingga program ini terlaksana menyeluruh namun jika ada perubahan kebijakan maka kami akan menempuh upaya lain," ungkapnya.

Selain merenovasi rumah tidak layak, pihaknya juga akan menyambungkan listrik ke rumah-rumah yang telah direnovasi sehingga rumah -rumah tersebut menjadi semakin layak ditempati.

Tidak hanya itu bagi rumah yang telah direnovasi pihaknya juga menganggarkan pembuatan water closet (WC) sehingga pemilik rumah menjadi lebih sehat.

"Khusus WC kami hanya menganggarkan sebanyak 60 unit, dan hal itu kami rencanakan setelah melaksanakan survei ke lapangan," sebutnya.

Dengan adanya program pro rakyat pihaknya berharap masyarakat khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu merasakan bahwa pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kepada mereka.

"Masyarakat hadir dengan berbagai kondisi mulai dari yang berekonomi baik, sedang bahkan kurang. Untuk itu dengan sokongan anggaran yang besar dari pusat ke nagari kami menginginkan semua masyarakat ikut merasakannya," katanya lagi.

Nagari Lansano Taratak merupakan nagari pemekaran di Kecamatan Sutera. nagari induknya dikenal dengan nama Nagari Taratak. Masyarakat di nagari itu rata-rata menggantungkan ekonomi sebagai nelayan dan juga petani. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar