BUMN Hadir - 23 siswa Sumbar mengenal nusantara dilepas ke Makasar

id bumn

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Dirut PT. Bukit Asam tbk Alfian Arifin serta Plt Dirut PT BGR Muhammad Affan saat akan melepas 25 siswa mengenal nusantara ke Sulawesi Selatan, Jumat (10/8). (Miko Elfisha)

Padang,(Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melepas 25 siswa ke Sulawesi Selatan dalam kegiatan Siswa Mengenal Nusantara yang menjadi salah satu program BUMN Untuk Negeri 2018.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenal kekayaan adat dan budaya nusantara. Ambil hikmah sebanyaknya untuk meningkatkan kapasitas diri," katanya di Padang, Jumat.

Menurutnya Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari beragam suku bangsa. Berdasarkan sensus BPS 2010 jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai 1.340.

Melihat langsung adat budaya dan sejarah daerah lain di Indonesia akan menambah luas wawasan generasi muda sehingga bangga menjadi warga Indonesia dan menumbuhkan nasionalisme.

"Belajarlah perbedaan sebagai rahmat Tuhan yang menjadi perekat persatuan bangsa," katanya.

Irwan mengingatkan siswa yang berangkat untuk tetap menjaga etika dan norma kesopanan karena membawa nama daerah.

Selain itu harus bisa memahami adat budaya tempat tujuan meski jauh berbeda dari adat budaya yang dipahami selama ini.

"Di mana bumi dipijak di sana langit di junjung. Artinya sesuaikanlah diri dengan adat istiadat tempat tujuan," katanya.

Sementara itu Direktur Utama PT Bukit Asam Alfian Arifin menyebutkan proses seleksi untuk siswa yang mengikuti kegiatan itu dilakukan secara tertulis, wawasan dan wawancara.

Dari puluhan orang yang masikuti seleksi, lulus sebanyak 20 orang ditambah tiga disabilitas dan dua orang undangan dari Sumatera Selatan.

Mereka akan ditemani oleh dua guru teladan dan satu guru pendamping selama mengikuti kegiatan 12-19 Agustus 2018.

Sementara itu siswa dari Sulawesi Selatan juga akan mengunjungi Sumbar dan mengikuti sejumlah kegiatan mengenal adat budaya Minang serta sejarah daerah.

Ikut dalam kegiatan itu Plt Dirut PT BGR Muhammad Affan.
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar