Pelatih puji suporter timnas U-16, tunjukkan Indonesia bangsa yang bermartabat

id Fakhri Husaini

Pelatih puji suporter timnas U-16, tunjukkan Indonesia bangsa yang bermartabat

Pelatih tim nasional U-16, Fakhri Husaini. (Antara)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pelatih Indonesia Fakhri Husaini menyampaikan apresiasi terhadap kepada pemain, terutama suporter pada partai semifinal Piala AFF U-16 2018 melawan Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis malam.

"Apresiasi untuk para pemain dan suporter. Terutama suporter yang sudah menunjukkan pada dunia bahwa kita adalah bangsa yang bermartabat dan menjunjung tinggi nilai respek dan fair play," ujarnya.

Indonesia akan menghadapi Thailand pada babak final Piala AFF U-16 2018.

Indonesia mendapatkan tempat di partai puncak setelah menaklukkan Malaysia 1-0 pada laga yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (9/8).

Satu-satunya gol Indonesia dilesakkan oleh Amiruddin Bagus melalui titik putih pada menit ke-72.

"Saya ucapkan syukur Alhamdulillah atas kemenangan ini. Sejujurnya, laga ini sangat ketat dan berat, saya pikir Malaysia akan bermain terbuka, namun ternyata mereka bermain sangat bertahan serta kompak. Pertahanan mereka sangat bagus, kami kesulitan membongkar pertahanan mereka," kata Fakhri dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat pagi.

Kemenangan ini memberikan arti spesial bagi gelandang timnas Indonesia, Brylian Aldama.

"Benar kata pelatih, ini pertandingan yang berat bagi kami para pemain. Tapi Alhamdulillah atas kemenangan ini. Saya persembahkan kemenangan ini untuk Almarhum ibu saya," tuturnya sedikit meratap.

Bagi Malaysia, kekalahan ini menutup kesempatan mereka untuk bisa meraih juara mengikuti jejak kesuksesan kakak-kakak mereka di timnas U-19.

Pelatih Malaysia mengatakan, pertandingan ini sangat sulit dan mengomentari mengenai gol penalti lawan.

"Pertandingan sulit dan tangguh. Kami sudah bertahan dengan baik dari serangan Indonesia yang sangat bagus. Mengenai gol penalti, saya rasa pemain kita sudah letih karena terus menerus digempur lawan, ada kesalahan komunikasi antara pemain belakang dan kiper kami. Tapi saya salut dengan daya juang para pemain kami," ucap pelatih Malaysia, Raja Azlan Shah Raja So¿ib.

Selanjutnya, Malaysia akan bertemu Myanmar pada laga perebutan tempat ketiga hari Sabtu (11/8) pukul 15.30 WIB.

Sementara itu, penentuan juara Piala AFF U-16 tahun 2018 akan digelar antara Indonesia melawan Thailand setelahnya di pukul 19.00 WIB. (*)