Padang Panjang canangkan tiga program terkait kesehatan

id Rubella

Padang Panjang canangkan tiga program terkait kesehatan

pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas), imunisasi measles rubella dan Bakti Sosial TNI-KB Kesehatan. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mencanangkan tiga program yang berkaitan dengan kesehatan untuk mencegah munculnya penyakit membahayakan.

Program yang dicanangkan di Padang Panjang, Kamis, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), imunisasi measles rubella dan Bakti Sosial TNI-KB Kesehatan.

Dalam kesempatan itu sekaligus memperingati Hari Keluarga Nasional.

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Nuryanuwar mengatakan pencanangan program-program tersebut menjadi pengingat kembali bagi masyarakat agar selalu menerapkan hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit.

Khususnya untuk pelaksanaan imunisasi MR, saat ini memang tengah menjadi perhatian dan banyak daerah yang menunda, tetapi daerah itu tetap melanjutkan imunisasi tersebut.

"Masyarakat tidak perlu ragu dan kami juga tidak memaksakan. Jika anak dalam keadaan tidak sehat, tim kesehatan tidak akan diimunisasi dan menunggu sampai anak sehat," katanya.

Ia menerangkan jika ada warga yang tidak ingin anaknya diimunisasi, sebelumnya melalui kader akan diberikan informasi terlebih dahulu mengenai manfaat imunisasi dan dampak jika tidak diimunisasi.

Ketua DPRD Padang Panjang, Novi Hendri mengatakan sebagai daerah yang sudah dicanangkan sebagai Kota Sehat, masyarakat sudah seharusnya sadar dengan pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Terkait imunisasi MR, ia meminta pemerintah daerah melaksanakannya dengan hati-hati mengingat banyaknya beredar informasi mengenai vaksin itu.

"Sekarang sedang ramai pro dan kontra imunisasi MR, saya harap diberika pilihan sebebasnya apakah ingin anak diimunisasi atau mau menunggu sampai adanya kejelasan mengenai kehalalan vaksin tersebut," katanya. (*)