Kerajinan asal Pariaman bakal dipamerkan di Trade Expo Indonesia

id Trade Expo Indonesia,Pariaman

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit (baju biru) bersama Pengadministrasian umum Direktorat Jenderal pengembangan ekspor nasional Kementerian Perdagangan Endriati (baju merah) memperlihatkan hasil kerajinan asal Pariaman yang akan dipamerkan pada Trade Expo Indonesia. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan berbagai hasil kerajinan lokal unggulan asal daerah itu untuk dipamerkan dalam Trade Expo Indonesia yang dilaksanakan Oktober 2018 di Jakarta.

"Kerajinan lokal yang akan dipamerkan yaitu keranjang, vas bunga, bingkai cermin yang terbuat dari lidi serta tikar dari ruyung kelapa," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Kamis.

Ia menjelaskan berbagai macam kerajinan lokal tersebut terlebih dahulu dikurasi sebanyak tiga tahapan dengan bimbingan desainer yang diutus langsung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Setelah melalui tahapan kurasi ujar dia, aneka kerajinan lokal tersebut baru diikutsertakan pada pameran Trade Expo Indonesia dengan sasaran perluasan pangsa pasar.

"Target pemerintah tidak hanya ikut andil dalam kegiatan tersebut, namun juga untuk menembus pasar nasional bahkan internasional," katanya.

Pengadministrasian umum Direktorat Jenderal pengembangan ekspor nasional Kementerian Perdagangan Endriati, mengatakan Trade Expo Indonesia merupakan kegiatan dalam upaya mengenalkan berbagai kerajinan yang ada Indonesia.

Secara umum ia menjelaskan Trade Expo Indonesia merupakan gabungan seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se Indonesia yang bertujuan memasarkan ke tingkat nasional dan internasional.

Khusus provinsi Sumbar kata dia, Kota Pariaman merupakan satu-satunya daerah yang diutus mengalahkan 18 kabupaten dan kota lainnya pada kegiatan Trade Expo Indonesia.

Muhammad Risfan salah seorang desainer utusan Kementerian Perdagangan yang mengawasi dan membina hasil kerajinan asal Pariaman mengatakan secara umum aneka produk tersebut memiliki peluang untuk dipasarkan ke tingkat nasional bahkan internasional.

Dari segi kerapian, inovasi dan bahan yang digunakan cukup berkualitas serta menjanjikan karena menggunakan bahan baku dari batang kelapa pilihan, kata dia.

"Hasil kerajinan di Pariaman sudah lumayan bagus, apalagi termasuk kategori ramah lingkungan," ujar dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar