Ini dia 16 puskesmas di Pesisir Selatan yang telah diakreditasi

id Satria Wibawa

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Satria Wibawa. (Antara Sumbar/Didi SP)

Dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat belum ada puskesmas yang meraih nilai paripurna dan kami berharap empat puskesmas yang meraih nilai madya mampu meraih paripurna pada penilaian berikutnya
Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 16 dari 20 puskesmas di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, telah diakreditasi dan ditargetkan pada 2019 semuanya terakreditasi agar mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, kata pejabat setempat.

"Pada 2018 kami menargetkan sebanyak 17 puskesmas diakreditasi, termasuk satu di antaranya Puskesmas Lumpo yang saat ini dalam tahap penilaian tim dari kementerian," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat, Satria Wibawa ketika menghadiri penilaian di Puskesmas Lumpo di Painan, Kamis.

Ia menambahkan dari 16 puskesmas yang diakreditasi itu, empat di antara meraih nilai madya dan sisanya meraih nilai dasar.

Menurutnya akreditasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang dilaksanakan puskesmas dalam melayani masyarakat.

Sehingga masyarakat mendapat pelayanan dan penanganan kesehatan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dunia kesehatan di Indonesia.

Ia melanjutkan, bagi puskesmas yang telah diakreditasi maka penilaian serupa akan terus dilalui selang tiga tahun sekali.

Pada penilain tersebut nilai yang didapat bisa naik seperti nilai dasar naik ke madya, dan dari madya naik ke paripurna, namun juga bisa sebaliknya malah mendapat nilai yang anjlok.

"Dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat belum ada puskesmas yang meraih nilai paripurna dan kami berharap empat puskesmas yang meraih nilai madya mampu meraih paripurna pada penilaian berikutnya," katanya lagi.

Beberapa puskesmas yang telah diakreditasi itu adalah Puskesmas Tarusan, Puskesmas Pasar Baru, Puskesmas Koto Marapak, Puskesmas Salido, Puskesmas Pasar Kuok.

Selanjutnya Puskesmas Kambang, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Balai Salasa, Puskesmas Air Haji, dan Puskesmas Indrapura.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Akreditasi, Amri Majid menyebutkan, penilaian Puskesmas Lumpo akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini Kamis (9/8) hingga Sabtu (11/8). (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar