Bupati Solok minta pengurus jadi pelopor ramaikan masjid

id gusmal

Bupati Solok, Gusmal. (Foto Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta pengurus masjid untuk menjadi pelopor dalam meramaikan masjid di daerah itu.

"Jangan sampai malah pengurusnya yang malas datang shalat berjamaah ke masjid," katadia pada acara pelatihan pengurus masjid yang digelar pemerintah setempat di Arosuka, Rabu.

Ia mengatakan ada tiga bidang pembinaan yang harus dilaksanakan oleh pengurus masjid, yakni bidang manajemen, memakmurkan masjid, dan pembinaan pemeliharaan masjid.

Pelatihan manajemen diberikan agar pengelola masjid dapat melestarikan dan mengembangkan aktivitas masjid dengan pemikiran dan gagasan yang inovatif.

Sedangkan memakmurkan masjid merupakan suatu kewajiban setiap muslim yang mengharapkan bimbingan dan petunjuk Allah SWT, apalagi para pengurus masjid memiliki tanggung jawab besar dalam rangka meramaikan masjid.

Setidaknya tradisi tadarus atau belajar Al Quran di setiap selesai shalat maghrib terus digiatkan di seluruh masjid di Kabupaten Solok.

Ini merupakan ibadah yang telah sering dilakukan, tapi mulai berkurang intensitasnya pada masa sekarang.

Ia mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan waktu antara maghrib dan isya dengan efektif untuk beribadah, baik generasi muda maupun tua.

Pengurus masjid dapat terus melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang kreatif untuk membawa masyarakat ke masjid.

Ketua Pelaksana acara, Noviarman mengatakan tujuan pelatihan ini memberikan pemahaman dan peningkatan SDM pengurus masjid tentang manajemen masjid.

"Peserta berjumlah 40 orang terdiri dari pengurus masjid dan akan mengikuti pelatihan selama dua hari," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar