Ini yang dilakukan MTSN Pesisir Selatan agar siswanya hidup sehat

id MTsN Pesisir Selatan

Kepala MTsN Pesisir Selatan, Masni bersama dengan Ketua TP PKK setempat, Lisda Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak setahun terakhir dan kegiatan ini akan kami pertahankan di waktu yang akan datang
Painan, (Antaranews Sumbar) - Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas bagi siswa madrasah tersebut sejak dini.

"Khusus hari Senin kami mengharuskan siswa membawa bekal dari rumah, selain lauk dan nasi juga lengkap dengan buah-buahan," kata Kepala MTsN setempat, Masni di Painan, Selasa.

Selain itu setiap harinya seluruh siswa dan tenaga pengajar juga diharuskan melaksanakan senam dua kali sehari yakni pukul 9.30 WIB dan juga 11.30 WIB.

Tidak sebatas itu setiap selesainya jam istirahat siswa juga diharuskan membawa sampah satu genggam sebelum dimulainya jam belajar.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak setahun terakhir dan kegiatan ini akan kami pertahankan di waktu yang akan datang," sebutnya.

Ia menambahkan di madrasah tersebut juga disiapkan tempat mencuci tangan yang representatif, kantin sehat dan hal lainnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni menyebutkan MTsN 1 Pesisir Selatan akan dijadikan sebagai percontohan bagi sekolah lainnya di daerah setempat.

Ke depan pihaknya bersama dengan instansi terkait akan mengajak sekolah pada daerah setempat untuk bergantian berkunjung ke MTsN 1 Pesisir Selatan.

"Kegiatan yang telah digalakkan pihak madrasah sejak setahun terakhir cukup kami apresiasi, mudah-mudahan kebiasaan yang baik di madrasah bisa dilaksanakan oleh para siswa di rumahnya masing-masing," ujarnya.

MTsN merupakan salah satu sekolah yang mewakili Sumatera Barat mengikuti ajang sekolah sehat pada 2018, madrasah tersebut merupakan satu dari 96 sekolah di Indonesia yang mengikuti penilain itu.

MTsN Pesisir Selatan didirikan pada 1978, dan sejak 2012 hingga saat ini berbagai penghargaan disabet madrasah tersebut mulai Adiwiyata, Sekolah Sehat dan lainnya, khusus Adiwiyata madrasah tersebut juga akan mengikuti lomba tingkat nasional yang juga akan dilaksanakan tahun ini. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar