Ini program terbaru Pesisir Selatan percepat layanan kependudukan

id Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Paradigma harus diubah, sudah saatnya pemerintah berpikir untuk maksimal melayani masyarakat bukan sebaliknya malah meminta pelayanan kepada masyarakat
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meluncurkan layanan antar jemput data kependudukan atau berputar guna mempercepat pelayanan kependudukan di daerah setempat.

"Pada layanan berputar ini petugas menggunakan sepeda motor akan melakukan antar jemput untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kependudukan dan pencatatan sipil," kata Bupati setempat, Hendrajoni usai peluncuran layanan itu di Painan, Senin.

Ia menambahkan untuk mendukung layanan tersebut pemerintah daerah menyediakan 15 sepeda motor yang difungsikan di masing-masing kecamatan.

"Biasanya masyarakat yang berputar atau bolak-balik mengurus dokumen kependudukan, namun saat ini tidak lagi, kami yang harus berputar melayani masyarakat," ungkapnya.

Ia menyebutkan hal tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah kabupaten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Paradigma harus diubah, sudah saatnya pemerintah berpikir untuk maksimal melayani masyarakat bukan sebaliknya malah meminta pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Reva F Yuliasman menyebutkan sepeda motor tersebut dilengkapi dengan tempat khusus yang dimungkinkan membawa form-form untuk mempercepat pengurusan dokumen kependudukan.

Keberadaan sepeda motor juga diharapkan menyentuh masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan, namun tidak sanggup mengikuti pelayanan seperti warga yang sudah lanjut usia, sakit-sakitan, dan lainnya.

Selain itu, masih dalam upaya memudahkan pelayanan masyarakat pihaknya juga berencana meluncurkan aplikasi kependudukan dalam waktu dekat.

Melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui gawai itu masyarakat hanya diminta melakukan pendaftaran, selanjutnya masyarakat bisa mengakses beberapa menu disediakan seperti pembuatan akta lahir, kartu keluarga, dan lainnya.

Setelah semua persyaratan sudah dilengkapi, masyarakat akan menerima pesan singkat berisikan nomor registrasi online yang didalamnya dimuat kapan dokumen tersebut bisa diambil. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar