Renang - Kliment Kolesnikov buat rekor dunia renang 50 meter gaya punggung

id renang

Renang - Kliment Kolesnikov buat rekor dunia renang 50 meter gaya punggung

Lomba renang. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Perenang remaja itu mencatat waktu 24,00 detik, lebih cepat 0,04 detik dari rekor sebelumnya yang dipegang perenang Britania Liam Tancock pada Kejuaraan Dunia di Roma pada 2009,
Glasgow, (Antaranews Sumbar) - Perenang Rusia Kliment Kolesnikov menbuat rekor dunia baru dinomor 50 meter gaya punggung ketika memenangi gelar pada Kejuaraan Eropa di Glasgow, Skotlandia, pada Sabtu.

Perenang remaja itu mencatat waktu 24,00 detik, lebih cepat 0,04 detik dari rekor sebelumnya yang dipegang perenang Britania Liam Tancock pada Kejuaraan Dunia di Roma pada 2009.

Kolesnikov, yang menjadi bagian dari kuartet peraih emas estafet 4x100 Rusia pada Jumat, menguasai kolam panjang Tollcross International Centre untuk meraih medali emas keduanya tepat sebulan setelah dia berusia 18 tahun.

Penampilannya sangat dominan dengan mengalahkan peraih perak asal Romania Robert-Andrei Glinta, mantan juara dunia junior, dengan selisih waktu 0,55 detik.

Kolesnikov, yang lama memimpin generasi baru para perenang berbakat Rusia, sudah menikmati karir bintangnya sejak mendapat panggilan internasional pertamanya pada 2016 ke tim Rusia pada Kejuaraan Dunia Junior.

Di sana dia mengumumkan dirinya dengan cara luar biasa dengan memecahkan rekor dunia junior pada nomor 50 dan 100 meter gaya punggunng dalam langkah dia meraih medali emas.

Kejuaraan Dunia tahun lalu di Budapest merupakan kejuaraan internasional senior pertamanya, di mana dia mencapai finis di posisi keempat pada nomor 200 meter gaya punggung sekaligus juga mencetak lagi dua rekor dunia junior.(*)