Duta wisata diminta ikut kembangkan pariwisata Bukittinggi

id Wisata, bukittinggi, duta wisata

Malam anugerah Duta Wisata tahun 2018 Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Antara Sumbar/Syahrul R/18)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Walikota Bukittinggi, Sumatera Barat, Ramlan Nurmatias meminta agar duta wisata yang ada di daerah tersebut ikut berkontribusi mengembangkan pariwisata setempat sesuai dengan program yang telah disusun oleh pemerintah.

"Kita berharap kepada para duta wisata yang telah mendapatkan pelatihan dapat terus mengembangkan kemampuan tersebut," katanya di Bukittinggi, Sabtu malam.

Ia menyebutkan, duta wisata juga harus memahami segala persoalan yang berkaitan dengan pariwisata, sebab keberadaan mereka juga menjadi sumber informasi serta perpanjangan tangan pemerintah kepada wisatawan.

Menurut dia, Bukittinggi terus melakukan pengembangan dalam bidang pariwisata dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.

Dalam upaya tersebut pihaknya terus melakukan inovasi, salah satunya adalah dengan membenahi sarana prasarana agar Bukittinggi menjadi kota yang nyaman bagi wisatawan.

"Pemilihan duta wisata jangan hanya sekedar ajang untuk mencari label atau popularitas, tapi harus benar-benar berkontribusi untuk pariwisata Bukittinggi," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan para peserta yang mengikuti karantina duta wisata diberikan berbagai pemahaman yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Dari berbagai materi yang diberikan, mereka juga diberikan pemahaman tentang budaya serta heritage, sebab Bukittinggi tidak hanya memiliki destinasi wisata alam, akan tetapi juga wisata budaya dan heritage atau cagar budaya.

Menurut dia, dengan demikian maka duta wisata dapat memiliki pemahaman tentang, sejarah, budaya, adat, agama, potensi daerah serta bagaimana menjadi orang Bukittinggi yang sebenarnya.

"Duta wisata adalah orang yang paham pariwisata dan dialah nanti yang akan mempromosikan Bukittinggi ke luar daerah dan ke tingkat yang lebih tinggi," katanya.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar