Kuliner Run bakal kembali digelar di Padang, ini jadwalnya

id kulinerrun

Kuliner Run bakal kembali digelar di Padang, ini jadwalnya

Direktur Utama Hotel Indonesia Natour Iswandi Said (dua dari kanan) menyampaikan keterangan terkait Padang Kuliner Run 2018 di Padang, Jumat (3/8). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Hotel Indonesia Natour (HIN) selaku BUMN yang bergerak di bidang perhotelan kembali menggelar "Kuliner Run 2018" yang merupakan perpaduan antara lomba lari dengan wisata kuliner yang akan dilaksanakan pada 30 September 2018 di Padang.

"Ini merupakan pelaksanaan yang ke dua di Padang setelah sebelumnya digelar tahun lalu, kami menargetkan even ini diikuti 3.000 peserta tahun ini," kata Direktur Utama Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan ajang Kuliner Run 2018 terdiri atas empat kategori yaitu marathon 21 kilometer, 10 kilometer, lima kilometer dan 2,5 kilometer.

Even ini juga merupakan seri lanjutan dari Maliboro Kuliner Run, Medan Kuliner Run, Surabaya Kuliner Run dan Sanur Kuliner Run yang diselenggarakan atas sinergi BUMN, kata dia.

Menurutnya tujuan digelar acara ini untuk memperkenalkan keindahan kota Padang sebagai salah satu daerah tujuan wisata dan mengangkat wisata kuliner yang dipadu dengan olahraga lari.

Ia menambahkan hal yang unik dibandingkan Kuliner Run tahun lalu adalah akan ditampilkan beragam aktraksi seni tradisional seperti permainan tradisional Minang, KIM hingga lomba memasak makanan Minang.

Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung pengembangan pariwisata dengan mengangkat kearifan lokal khususnya kekayaan kuliner yang ada di Padang, ujarnya.

Untuk star dan finish akan dilakukan di depan Hotel Grand Inna Padang dan 80 persen rute lari akan melewati kawasan wisata seperti Pantai Padang yang indah.

Setelah tiba di garis finis peserta akan disuguhkab beragam kuliner khas Padang sembari menyaksikan beragam aktraksi seni tradisional.

Ia berharap Padang Kuliner Run menjadi masuk kalender wisata dan menjadi salah satu ajang lomba lari terbesar di Padang.

Sementara Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Didit Santoso mengatakan Padang Kuliner Run 2018 merupakan kombinasi olahraga dan budaya.

Ia menilai even ini diperlukan agar ada dinamika karena wisata tidak bisa hanya mengandalkan alam semata.

"Even itu jadi rohnya pariwisata dan ini bisa jadi percontohan di Sumbar," kata dia. (*)