Tanah Datar gelar sosialisasikan konsumsi pangan B2SA dengan perlombaan

id makan ikan, pangan, tanah datar

Ketua TP PKK Tanah Datar, Emy Irdinansyah (tengah) dalam kegiatan lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bagi seluruh PKK yang ada di daerah tersebut (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, 3/8 (Antara) - Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) sosialisasikan konsumsi makanan sehat dengan menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bagi seluruh PKK yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar, Yulfiardi di Batusangkar, Jumat, mengatakan perlombaan tersebut dilaksanakan pada Kamis (2/8) yang berlokasi di Gazebo Indojalito Batusangkar dengan peserta seluruh PKK kecamatan dan nagari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi B2SA, mendorong meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan B2SA berbahan ikan," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk sosialisasi dalam membudayakan menu ikan sebagai menu keluarga dan mengenalkan ikan sedari dini kepada generasi selanjutnya.

Senada, ketua TP PKK Tanah Datar, Emi Irdinansyah mengatakan perlombaan tersebut juga mensosialisasikan konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Selain itu kegiatan tersebut juga sebagai bentuk pengenalan untuk mengkonsumsi ikan sedari dini sebagai sumber protein hewani yang memiliki gizi tinggi.

Ia mengharapkan agar pemerintah dapat memberdayakan PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong membuat menu B2SA untuk dipasarkan memenuhi kebutuhan penganan di setiap acara pemerintahan sehingga nanti dapat membantu perekonomian keluarga.

“Begitu banyak olahan makanan yang tercipta dari keterampilan memasak peserta, rasanya juga enak, kita berharap dapat diberdayakan,” katanya.
Pewarta :
Editor: Azhari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar