Cuaca Sumbar Agustus dominan hujan ringan, BMKG ingatkan fenomena equinox

id Hujan

Ilustrasi, hujan. (Antara)

Potensi hujan ringan hampir di seluruh wilayah Sumatera Barat
Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Kondisi cuaca Sumatera Barat selama Agustus 2018 diperkirakan didominasi hujan ringan, kata Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman.

"Cuaca Sumatera Barat selama Agustus berpotensi hujan ringan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha dihubungi dari Payakumbuh, Kamis.

Menurutnya kondisi cuaca untuk Agustus 2018 dibagi menjadi tiga, yakni awal bulan didominasi berawan hingga hujan ringan mulai dari pesisir barat Sumatera Barat hingga bagian timur.

Kemudian pada pertengahan Agustus kondisi cuaca didominasi berawan hingga cerah berawan, katanya.

Namun untuk akhir Agustus mendekati fenomena equinox atau pada awal September, sehingga patut diwaspadai peningkatan frekuensi curah hujan yang tinggi di pesisir barat dan utara Sumbar.

Fenomena equinox adalah salah satu fenomena astronomi saat matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada Maret dan September.

Fenomena tersebut, kata dia mempengaruhi penguapan sehingga mengakibatkan hujan dengan intensitas yang cukup ekstrem.

Oleh sebab itu ia meminta masyarakat agar mewaspadai bencana yang berpotensi terjadi seperti banjir dan longsor.

Untuk tiga hari ke depan, BMKG memperkirakan potensi hujan ringan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Kota Bukittinggi, Padangpanjang, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan.

"Potensi hujan ringan hampir di seluruh wilayah Sumatera Barat," kata Yudha.

Ia menyebutkan untuk suhu udara pada Agustus 2018 yakni minimum 18 derajat celsius dan maksimum mencapai 31derajat celsius pada siang hari. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar