Hendrajoni: manfaatkan lahan tidur agar produktif

id Jagung,Lahan Tidur,Hendrajoni

Hendrajoni: manfaatkan lahan tidur agar produktif

(ANTARA FOTO)

Painan (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, meminta petani memanfaatkan lahan tidur di daerah itu dengan agar produktif sebagai upaya meningkatkan ekonomi.

"Menanam jagung bisa memanfaat lahan tidur agar tetap menjadi produktif. Lahan tidur muncul akibat kekeringan pada lahan sawah tadah hujan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman jagung," katanya di Painan, Rabu.

Jagung, sebutnya memiliki pangsa pasar yang jelas dan kestabilan harga cukup terjamin.

"Ini dikarenakan tingkat permintaan jagung pipilan yang masih cukup tinggi," sebutnya.

Menurutnya, jagung pipilan terutama sekali dibutuhkan untuk bahan makanan dan untuk pakan ternak, hingga kini tingkat permintaan pasar masih cukup tinggi.

"Komoditas jagung merupakan salah satu produk tanaman pangan unggulan di Pesisir Selatan setelah padi. Kami bertekad, Pessel menjadi sentra jagung nomor satu di Sumbar," tukuknya.

Hal itu menurutnya, didasari potensi lahan yang tersedia dan kemauan para petani menggarap lahan untuk ditanami.

"Kepala perangkat daerah terkait diminta melakukan inovasi untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi petani. Inovasi tadi harus berpihak kepada petani," tegasnya.

Ia juga berharap agar camat mendorong masyarakat di wilayah tugasnya untuk menggali potensi yang ada, terutama sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan. (*)