Siswa harus melek teknologi, termasuk perubahan jenis pekerjaan

id Disdik Sumbar,Perkembangan Teknologi,Siswa Mengenal Nusantara

Siswa harus melek teknologi, termasuk perubahan jenis pekerjaan

Ilustrasi - (ANTARA SUMBAR/Adi Prima/Maril/18.)

Agar tidak tersisih, tempalah diri sebaik mungkin, perluas wawasan dan jangan terbawa arus pergaulan yang tidak jelas apalagi narkoba
Padang, (Antaranews Sumbar) - Perkembangan teknologi akan mengubah jenis pekerjaan yang dikenal saat ini, karena itu siswa SMA/SMK harus bisa meningkatkan kapasitas dan menyesuaikan diri dengan perubahan itu, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Burhasman.

"Ini adalah tantangan zaman yang harus dipahami dan diantisipasi sejak sekarang," kata dia di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu dihadapan puluhan siswa yang mengikuti seleksi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digelar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Padang.

Menurutnya pekerjaan yang banyak diincar saat ini seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), ke depan tidak akan bisa diharapkan lagi karena pekerjaannya digantikan oleh teknologi.

Demikian juga dengan pekerjaan lain seperti pegawai bank, manajer administrasi, tukang cetak, mekanik, operator radio, dan operator perangkat komunikasi.

Bersamaan dengan itu akan muncul jenis-jenis pekerjaan yang tidak terbayang sebelumnya seperti ahli persuasi dan mediasi, pengendali jarak jauh, analis data, dan ilmuwan komputer bahkan pengendali robot.

"Agar tidak tersisih, tempalah diri sebaik mungkin, perluas wawasan dan jangan terbawa arus pergaulan yang tidak jelas apalagi narkoba," katanya.

Selain itu juga perlu penguatan karakter agar generasi muda tidak gagap saat terjun ke dunia kerja yang cenderung heterogen.

Burhasman menyebut program pengenalan nusantara yang dilakukan oleh BUMN menjadi salah satu cara meningkatkan wawasan generasi muda.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga selalu mengingatkan pentingnya siswa SMA/SMK menguasai bahasa asing agar bisa menambah pengetahuan dengan membaca beragam literatur.

Selain itu juga bisa bersaing secara global di dunia kerja.(*)