Dugaan pengaturan harga telur, Mahyeldi: kami akan tindak lanjuti

id wako, telur, ayam

Dugaan pengaturan harga telur, Mahyeldi: kami akan tindak lanjuti

Wali Kota Padang Mahyeldi (kiri), Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal (dua dari kiri), Kepala KPPU Medan Ramli Simajuntak (tiga dari kiri) saat sidak harga telur ayam di Pasar Raya Padang pada Rabu (1/8).(Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Kalau ada indikasi pengaturan harga kami akan tindaklanjuti dan laporkan kepada pihak berwenang sembari terus melakukan pengawasan harga di pasar
Padang, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti dugaan pengaturan harga telur dan daging ayam ras yang menyebabkan terjadi kenaikan harga cukup siginifikan dalam tiga pekan terakhir.

"Kalau ada indikasi pengaturan harga kami akan tindaklanjuti dan laporkan kepada pihak berwenang sembari terus melakukan pengawasan harga di pasar," kata Mahyeldi di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan itu usai melakukan sidak harga telur dan daging ayam di Pasar Raya Padang bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha dan pemangku kepentingan terkait.

Mahyeldi menyampaikan saat mendapat informasi dari pedagang saat harga telur dan ayam ras naik pihaknya langsung berkoordinasi dengan dinas terkait dan mengundang distributor untuk membahas penyebab.

Ia mengatakan pihaknya juga memastikan ketersediaan barang dan senantiasa menjalin komunikasi dengan pedagang.

"Pemerintah kota Padang akan mengupayakan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi dengan melakukan diskusi mendalam mencari solusi agar harga bisa terkendali," katanya.

Sementara Sekretaris Koperasi Persatuan Pedagang Peternak Ayam Pasar Raya Padang, Rajabman mengatakan kenaikan harga telur ayam mencapai Rp1.600 dari harga normal Rp1.300 per butir dan daging ayam ras dari Rp24 ribu per kilogram, menjadi Rp31 ribu per kilogram.

Menurutnya saat harga ayam ras tertinggi Rp31ribu justru pasokan tidak ada sehingga ia meminta pemerintah melakukan stabilisasi harga.

Ia mengakui akibat kenaikan tersebut pembeli menurun dan tidak lagi berbelanja ayam karena harga yang dianggap terlalu mahal.

Berdasarkan pantauan di Pasar Raya Padang pada Rabu harga telur ayam sudah mulai turun dari Rp1.600 per butir menjadi Rp1.500 dan daging ayam ras turun dari Rp31 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram. (*)