Bhakti sosial TNI-KB Tanah Datar wujudkan masyarakat peduli kesehatan

id kesehatan, tni, tanah datar, kb

Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Inf Edi S Harahap besama Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi meninjau posko kesehatan dalam program Bhakti Sosial TNI-KB Kesehatan di Tanah Datar, Rabu (1/8) (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat/18)

Program ini melibatkan barbagai unsur, mulai dari OPD-OPD terkait, TNI, Camat, mitra kerja serta kader-kader yang ada
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0307 Tanah Datar, Sumatera Barat mencanangkan program Bhakti Sosial TNI-KB Kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (PMDPPKB) Tanah Datar, Adrion Nurdal di Batusangkar, Rabu, mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan peran pemerintah dan non pemerintah dalam melakukan pendampingan dan penyuluhan kepada masyarakat.

"Selain itu program ini melibatkan barbagai unsur, mulai dari OPD-OPD terkait, TNI, Camat, mitra kerja serta kader-kader yang ada," katanya.

Ia menyebutkan, melalui program ini diharapkan dapat terbentuk karakter masyarakat yang peduli terhadap lingkungan tempat tinggal, kesehatan serta program keluarga berencana.

Komandan Kodim 0307 Tanah Datar, Letkol Inf Edi Sugianto Harahap mengatakan untuk mensukseskan program ini pihaknya telah menyiapkan ratusan personel yang ada di daerahnya, mulai dari jajaran kodim, koramil hingga Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada pada tiap-tiap nagari.

Ia mengatakan pelaksanaaan kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari TNI untuk membantu pemerintah daerah, terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Menurut dia, terdapat sebelas koramil se Tanah Datar yang disipkan untuk membantu pelaksanaan program tersebut yang nantinya berkerjasama dengan OPD OPD terkait.

Lebih lanjut ia menambahkan dalam bakti sosial tersebut terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, seperti pemeriksaan kesehatan, donor darah, penyuluhan tentang keluarga berencana dan berbagai program lain yang berkaitan dengan kesehatan dan program keluarga berencana.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengharapkan agar program yang dicanangkan tersebut dapat berjalan lancar serta mencapai terget yang diharapkan.

Kegiatan ini menurutnya juga akan menjangkau daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan sehingga sosialisasi terkait kesejahteraan dan keluarga berencana dapat menyentuh seluruh masyarakat.

"Keberadaan Babinsa yang ada pada setiap nagari ditambah kader-kader PKK diharapkan dapat berperan aktif untuk melaksanakan program bhakti sosial ini," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar