Wawako lepas keberangkatan tim kesenian Solok ke Rusia

id tim kesenian

Wawako lepas keberangkatan tim kesenian Solok ke Rusia

Wakil Wali Kota Solok, Reinier menyalami tujuh orang tim kesenian yang akan ke Rusia. (Antara/Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier melepas keberangkatan tujuh orang tim kesenian daerah itu ke Rusia untuk menampilkan kesenian tradisional daerah itu di luar negeri.

"Saya merasa bangga atas keseriusan putra-putri Kota Solok yang gigih dan tekun berlatih selama ini sehingga bisa ke Rusia untuk bisa menampilkan keahliannya," kata dia di Solok, Selasa.

Ia mengatakan keberhasilan tim kesenian Solok menjadi wakil Sumbar dan Indonesia tentu tidak lepas dari latihan yang tekun, rutin dan bimbingan dari para seniman setempat.

"Jika acara yang ananda lakukan kali ini berhasil, tentu akan mempermudah wakil Kota Solok lainnya untuk ke luar daerah. Jadikan keberangkatan ini warisan, mungkin yang lainnya akan melanjutkan," katanya.

Ia menyebutkan Pemerintah dan Dekranasda setempat akan selalu mendorong berbagai bentuk kegiatan yang positif dan membanggakan apalagi yang mengangkat kesenian Solok.

Salah satu cara memperkenalkan Kota Solok adalah dengan kesenian. Penampilan ini akan menjadi ciri khas yang tersemat dalam hati warga Rusia tentang Solok, sebutnya.

"Kami doakan agar ananda berjuang dengan semangat, dan senantiasa menjaga fisik dan kesehatan agar tampil maksimal," ujarnya.

Ia juga berpesan agar tim kesenian dapat mempelajari bagaimana budaya disana dan membagikan pengalamannya tampil di Rusia kepada rekan lainnya di Solok.

Tim kesenian tersebut akan menampilkan kebolehannya di Rusia, dan membawa nama harum Kota Solok dan Indonesia di kancah Internasional. (*)