Kampung KB Pasaman Barat diresmikan, ini programnya

id Kampung KB

Bupati Pasaman Barat, Syahiran meresmikan Kampung KB di Banjar Jorong Bandua Balai Nagari Kinali Pasaman Barat, Selasa (31/7). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan Kampung Keluarga Berencana tingkat Kabupaten Pasaman Barat 2018 di Banjar Jorong Bandua Balai Nagari Kinali Kecamatan Kinali, Selasa.

"Benar, kita meresmikan Kampung KB hari ini bersamaan dengan Pencanangan Bhakti TNI KB Kesehatan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Ia mengatakan tujuan diresmikannya Kampung KB adalah meningkatkan kualitas dan jangkauan pergerakan pelayanan KB dan kesehatan di seluruh wilayah dan lapisan masyarakat.

Kemudian meningkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan kesehatan anak, serta meningkatkan jumlah peserta KB baru dan peserta KB aktif.

Selanjutnya meningkatkan peran serta TNI dalam menyukseskan KB sehingga dapat membantu program kampung KB di setiap kecamatan.

Menurutnya upati Syahiran selama tahun 2017 11 Kampung KB di Pasaman Barat sudah diresmikan di 11 Kecamatan yang ada. Namun hal itu masih perlu dievaluasi guna maksimalnya pencapaian program yang dicanangakan.

"Selama tahun 2017 Kampung KB sudah kita resmikan di sebelas kecamatan yang ada. Namun setiap program tidak diketahui perkembangannya jika tidak dievaluasi. Saya minta dinas terkait mengevaluasi Kampung KB yang suda diresmikan itu," tegasnya.

Ia menyebutkannya masalah KB bukan anak persoalan memiliki dua anak saja. Akan tetapi lebih kepada persoalan membina anak kita menjadi orang berguna dan berjasa pada negeri.

"Persoalan KB lebih kepada persoalan bagaimana seorang anak di dalam keluarga dapat dijamin pendidikan, kesehatan dan kesejahteraannya dan bagaimana menjadikan menjadi orang yang berguna bagi negara," sebutnya.

Ia berharap pencanangan Kampung KB dan pencanangan Bhakti TNI KB Kesehatan di daerah setempat dapat membawa pengaruh yang signifikan tentang kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek.

Kepala perwakilan BKKBN Sumbar, Budi Mulia mengapresiasi prestasi Bupati Pasaman Barat beserta Ketua TP. PKK Pasaman Barat Yunisra Syahiran yang telah meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN pusat pada peringatan Hari Keluarga Nasional di Menado beberapa waktu lalu.

Hal itu merupakan bukti nyata kepeduan bupati dan ketua TP. PKK dengan program KB.

"Penghargaan itu merupakan bukti nyata betapa seriusnya beliau dalam pencanangan program KB di Pasaman Barat," ungkapnya.

Hadir pada dalam kesempatan tersebut, Dandim 0305 Pasaman yang diwakili Pabung Dim 0305 Pasaman, Mayor Inf. Dekki Sujatmiko, Ketua TP. PKK Pasaman Barat, Yunsira Syahiran dan Ketua GOW Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto

Selain itu juga hadir Ketua DWP Pasaman Barat, Lenggo Andrinaldi, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Pasaman Barat,, Camat se-Pasaman Barat, unsur Puskesmas dan masyarakat setempat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar