Ingin melihat koleksi seni rupa Istana Kepresidenan, ayo kunjungi Galeri Nasional 3-31 Agustus

id koleksi seni rupa Istana Kepresidenan,Galeri Nasional Indonesia

Para pengunjung menikmati karya lukisan pelukis Raden Saleh, yang berjudul "Penangkapan Pangeran Diponegoro, 1857", yang terpajang dalam Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia bertajuk " 17 I 71 : Goresan Juang Kemerdekaan", di Galeri Nasional, Jakarta, Selasa (2/8). Pameran ini akan berlangsung untuk umum dari 2 hingga 30 Agustus 2016. (ANTARA FOTO/Dodo Karundeng/pd/16.)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Sekretariat Negara bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait akan memamerkan koleksi seni rupa Istana Kepresidenan RI kepada publik pada 3-31 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia.

"Tahun ini adalah tahun ketiga koleksi seni Istana Kepresidenan dipamerkan kepada publik," kata Mensesneg Pratikno di Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan pameran di Jalan Merdeka Timur Nomor 14 Jakarta Pusat itu merupakan rangkaian dari Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Penyelenggaraan tahun ini lebih istimewa karena bersamaan dengan penyelengaraan Asian Games 2018," katanya.

Ia menyebutkan salah satu patung yang akan dipamerkan adalah patung orang memanah yang dibuat pada 1919 yang biasa terpajang di depan Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran.

"Kemudian juga lukisan memanah tahun 1944 karya Henk Ngantung, lukisan perkelahian dengan singa tahun1870 hadiah dari Ratu Juliana kepada Pemerintah Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan pameran seni koleksi Istana Kepresidenan itu merupakan kerja sama dengan beberapa pihak lain seperti Badan Ekonomi Kreatif, Galeri Nasional, Bank Mandiri, Kemendikbud, Kemenpar.

Dalam pameran itu akan disuguhkan 45 karya seni berupa lukisan, patung dan seni kriya yang merupakan hasil karya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara.

Karya seni itu merupakan koleksi dari lima istana kepresidenan, yaitu Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Bogor, Istana Tampaksiring, Istana Yogyakarta, dan Istana Kepresidenan Cipanas.

Para seniman itu di antaranya Raden Saleh, Dullah, Henk Ngantung, Nasjah Jamin, Basoeki Abdullah serta Harijadi S. Sementara dari mancanegara, antara lain Zsiemond Kisfaludi Strobel, Walter Spies, Fernando Amorsolo dan Yevgeny Viktorovich Vuchetich.

Penyelenggaraan pameran bertujuan mengajak masyarakat menikmati karya seniman masa lalu yang mempunyai nilai luhur, keutamaan serta semangat perjuangan.

Pameran akan dibuka secara resmi pada Jumat (3/8) pagi dan dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Selain Mensesneg Pratikno, hadir memberikan keterangan dalam acara itu, antara lain Mendikbud Muhadjir Effendy, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar