BPJS-Kesehatan ajak warga senam rutin jaga kebugaran

id Bpjs

Senam BPJS Kesehatan (Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengajak masyarakat merutinkan senam setiap pagi untuk membantu meningkatkan kebugaran dan sistem imun.

"Pola hidup sehat itu cukup mudah, salah satunya dengan rajin senam pagi. Tubuh akan lebih bugar dan tidak gampang sakit," kata Pps Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, Rismanelly di Bukittinggi, Minggu.

Ia menerangkan dalam rangka menyambut Asian Games XVIII dan memperingati HUT ke-50 BPJS Kesehatan, di setiap kantor cabang seluruh Indonesia BPJS Kesehatan mengajak peserta Jaminan Kesehatan Nasioanal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) senam bersama.

Kesempatan itu merupakan upaya untuk mengingatkan kembali masyarakat bahwa kebiasaan olahraga dan gaya hidup sehat berdampak jangka panjang bagi kesehatan dan dapat menekan jumlah penderita penyakit katastropik.

Dengan kondisi tersebut maka pembiayaan pelayanan kesehatan dapat digunakan untuk program promotif preventif agar masyarakat tetap sehat.

Selama 2017, disebutkannya BPJS Kesehatan menghabiskan biaya Rp18,4 triliun untuk penyakit katastropik atau 21 persen dari keseluruhan biaya pelayanan kesehatan yang dibelanjakan.

Untuk menekan angka itu, program promotif preventif memang diperlukan seperti aktivitas sederhana melakukan senam setiap pagi.

"Penyakit katastropik ini hubungannya dengan gaya hidup. Lewat program yang ada kami harap peserta mau membudayakan pola hidup sehat," katanya.

Kesehatan, ujarnya, menjadi salah satu pilar yang menentukan kemajuan bangsa karena kesehatan memberi pengaruh dalam aktivitas seseorang.***
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar