PWI apresiasi PWI Padang Pariaman yang sudah memiliki kantor sendiri

id Heranof Firdaus

PWI apresiasi PWI Padang Pariaman yang sudah memiliki kantor sendiri

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus (dua kiri) menyampaikan sambutan pada Konferensi V PWI Padang Pariaman di Pariaman, Sabtu (28/7). (ANTARA SUMBAR/ Aadiaat M. S.)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat, Heranof Firdaus mengapresiasi PWI Padang Pariaman yang telah memiliki kantor sendiri sehingga dapat menjadi kebanggaan organisasi itu.

"Ini merupakan langkah maju, hendaknya dapat mendorong PWI di daerah lain untuk memiliki kantor sendiri," kata Heranof ketika membuka Konferensi V PWI Padang Pariaman di Pariaman, Sabtu.

Apresiasi tersebut karena sulitnya dalam sebuah organisasi untuk memiliki kantor sendiri, namun PWI Padang Pariaman dengan swadaya dan perjuangan antarwartawan di daerah itu mampu menjawab tantangan itu.

Ia pun berencana menyelenggarakan uji kompetensi wartawan (UKW) di Kota Pariaman, karena menurutnya jumlah wartawan yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman cukup banyak.

"Di Bukittinggi sudah, Padang beberapa kali. Nanti kita rancang UKW di Kota Pariaman," katanya.

Ia menyatakan UKW tersebut bertujuan untuk menciptakan dan menyaring wartawan yang memiliki kemampuan dalam membuat berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Sementara itu, Ketua PWI Padang Pariaman periode 2015-2018, Ikhlas Bakri mengatakan kantor PWI di daerah itu diresmikan semenjak 1998.

"Sedangkan pembangunannya dimulai dari 1994," ujarnya.

Ia berharap pada Konferensi V PWI Padang Pariaman mampu melahirkan ketua yang dapat memimpin organisasi itu lebih baik lagi.

"Apabila diibaratkan grafik, maka melalui konferensi ini terpilih ketua yang dapat meningkatkan grafik eksistensi PWI Padang Pariaman," tambahnya. (*)