DPRD Sumbar ajak organisasi kepemudaan ikut andil dalam pembangunan

id DPRD,KNPI Sumbar,OKP ikut membangun bangsa

DPRD Sumbar ajak organisasi kepemudaan ikut andil dalam pembangunan

Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat (empat dari kanan) bersama Ketua KNPI Sumbar Fadly Amran (tiga dari kanan) dan jajaran di DPRD Sumbar Kota Padang, Jumat (27/7). (Ist)

Kami mendorong setiap Organisasi Kepemudaan (OKP) ikut andil dalam hal pembangunan daerah guna meringankan beban kerja OPD, salah satu OKP yang dapat dilibatkan adalah KNPI
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua Komisi V DPRD Sumbar Hidayat meminta pemerintah provinsi melalui Organisasi Perangkat Daerah agar menggandeng Organisasi Kepemudaan dalam menyosialisasikan program mereka.

"Kami mendorong setiap Organisasi Kepemudaan (OKP) ikut andil dalam hal pembangunan daerah guna meringankan beban kerja OPD, salah satu OKP yang dapat dilibatkan adalah KNPI," katanya saat kunjungan KNPI ke DPRD Sumbar di Padang, Jumat

Dia mengatakan sejumlah permasalahan menjadi sorotan pemerintah daerah seperti masalah gizi buruk. Dalam mengatasi permasalahan itu, harus dilakukan sinergi dengan OKP dalam hal pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita berharap KNPI sebagai salah satu OKP Sumbar dapat menyusun program. Setelah itu, dapat ditindak lanjut oleh pemerintah daerah,” katanya.

Ia mencontohkan program yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang bersifat kompetitif seperti loka karya dan pelatihan hendaknya melibatkan unsur pemuda.Intinya adalah sinergi, jika sinergi telah dilakukan maka setiap program dapat dilaksanakan dengan baik.

"Kita lihat dulu formulanya ,jika itu berdampak positif terhadap pembangunan daerah, maka akan dilaksanakan,” katanya.

Sementara Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar Fadly Amran mengatakan untuk melakukan sinergi dengan unsur penyelenggara pemerintahan daerah perlu masukan dari Komisi V DPRD Sumbar. Setiap program yang disusun membutuhkan masukan untuk proses penyempurnaan.

"KNPI memiliki sejumlah program strategis untuk kepemudaan di Sumbar , dalam hal ini , kita berharap pemerintah daerah dapat melakukan sinergi dengan KNPI,” katanya.

Dia mengatakan salah satu program KNPI adalah Sumbar Sehat, program ini merupakan upaya untuk membebaskan balita Sumbar dari gizi buruk.

Melalui peningkatan komunikasi dengan OPD terus dilakukan agar program ini dapat dilaksanakan dengan baik.

"Membangun komunikasi terus dilakukan, semoga setiap program yang digagas dalam diterapkan dan berdampak positif bagi pembangunan daerah,” ujarnya

Dia mengatakan setiap program yang digagas oleh KNPI selalu mendapat respon positif oleh pemerintah daerah , namun KNPI sendiri, selalu terbentur dengan regulasi yang menjadi kendala dalam mendapatkan anggaran.

"Setelah pertemuan ini, apa yang menjadi keluhan bagi KNPI dapat ditindaklanjuti oleh Komisi V DPRD Sumbar,” katanya. (*)