Ini kunci Padang jadi kota terbaik tekan inflasi di Sumatera

id inflasi

Ini kunci Padang jadi kota terbaik tekan inflasi di Sumatera

Ilustrasi inflasi (pixabay.com).

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Bagian Perekonomian Padang Edi Dharma mengatakan keberhasilan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menjadi yang terbaik tingkat kota se-Sumatera dikarenakan adanya empat prioritas sasaran pengendalian.

"Keempatnya prioritas itu yakni pengembangan budidaya bawang merah, gerakan sejuta cabai dalam polibag, intensifikasi pertanian, dan budidaya tanaman hidroponik," ujarnya di Padang, Jumat.

Dalam hal ini pihaknya melibatkan kelompok masyarakat, seperti kelompok tani, PKK, komunitas hidroponik untuk menyosialisasikan sekaligus mengenalkan prioritas tersebut.

Khusus budidaya cabai dalam polibag, perkembangannya dinilai cukup baik meski belum mensubstitusi kebutuhan lokal di Padang, namun setidaknya produksinya bisa mencukupi untuk tatanan sekitar tempat tinggalnya.

Semisal gerakan penanaman cabai yang dilakukan karang taruna di Tabing yang melakukan penanaman cabai merah di polibag dengan memanfaatkan lahan kosong atau tidur.

Di samping penguatan empat sasaran prioritas, faktor pembangunan pasar satelit dan Pasar Raya di sebelas kecamatan ikut membantu pengendalian inflasi di Padang.

Sebab dengan banyaknya pasar tersebut menjadikan pembeli tidak terpusat bertransaksi pada satu tempat.

Pada penghargaan di Jakarta Kamis (26/7) Padang bersama kabupaten dan kota lain yakni Kediri, Makassar, Samarinda, dan Ternate sesuai regionalnya masing-masing. (*)