Rektor UNP dorong dosen tingkatkan kualifikasi

id Rektor UNP

Rektor UNP dorong dosen tingkatkan kualifikasi

Rektor UNP menyerahkan SK Dosen non PNS dan meminta para doses untuk meningkatkan kualifikasi (hms)

Padang (Antaranews Sumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Prof Ganefri mendorong para dosen di kampus tersebut untuk meningkatkan kualifikasi mereka salah satunya dengan cara membuat jurnal terindeks di Scopus.

"Dosen harus terus berkarya dan menemukan ilmu pengetahuan baru karena ilmu itu dinamis buka statis. Jika dosen tidak berkarya maka suatu saat posisinya dapat digantikan oleh robot," katanya beberapa waktu lalu.

Saat ini dunia sedang mengahadapi Revolusi Industri 4.0 yang membuat dunia mengarah kepada digital sehingga sebagai dosen harus memperbaiki diri dan kemampuan dalam mengusai ilmu pengetahuan.

"Dosen itu harus pintar, bekerja keras dan cerdas. Selain itu mereka harus bersungguh-sungguh dalam menambah pengetahuan mereka," katanya.

Ia mengatakan peningkatan kualifikasi dosen ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya pengajar, apabila sumber daya manusia bagus tentu lulusan UNP akan menjadi lulusan yang bagus juga.

"Dosen yang mampu bertahan dalam revolusi industri 4.0 tentu akan mampu mengahsilkan lulusan kampus yang memiliki kemampuan melewati revolusi tersebut," ujar dia.

Seorang dosen harus juga harus melakukan penelitian di bidang yang terkait dan mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan penelitian yang telah dilakukan.

"Syarat menjadi dosen minimal harus S2, kalau bisa S3. Selain itu dosen harus meneliti dan mengabdi kepada masyarakat, jangan asik mengajar saja. Dosen merupakan kunci dalam mengembangkan prodi dan mencetak lulusan berkualitas,” tegasnya.*