Cawapres, PDIP akan dengarkan masukan JK

id Jusuf Kalla,Cawapres,Pilpres 2019,PDI Perjuangan

Cawapres, PDIP akan dengarkan masukan JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - PDIP akan mendengarkan masukan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai calon wakil presiden pendamping Jokowi pada Pemilihan Presiden 2019, kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, Hasto menyatakan PDIP menempatkan Jusuf Kalla (JK) sebagai tokoh nasional yang terus memberikan inspirasi bagi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami menaruh hormat pada beliau. Pengalamannya yang sangat luas, kemampuannya membangun dialog sangat bagus, dan ketokohannya sebagai jembatan perdamaian bagi terciptanya persatuan dan kesatuan nasional diakui di dunia internasional," kata Hasto.

Karena pengalaman dan kematangan JK itulah, lanjut Hasto, maka PDIP akan mendengarkan masukan JK terkait tokoh yang layak menjadi cawapres pasangan Jokowi.

"Kami meyakini bahwa Ibu Megawati Soekarnoputri yang intens berkomunikasi dengan Pak JK akan menempatkan Pak JK sebagai tokoh penting untuk memberikan masukan berkaitan dengan siapa yang akan mendampingi Pak Jokowi," katanya.

PDIP menilai JK sudah terbukti mampu hadir sebagai sosok wakil presiden yang mampu bekerja sama dengan Pak Jokowi.

"Terkait peluang beliau sebagai cawapres, tentunya kita tunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi," kata Hasto.

JK menjadi pihak terkait dalam gugatan tentang pembatasan masa jabatan wakil presiden yang diajukan oleh Perindo ke Mahkamah Konstitusi.

Pada Senin (23/7) malam, Presiden Jokowi bertemu dengan ketua umum PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura. Salah satu agenda pembicaraan terkait dengan cawapres.

"Seluruh ketua umummum partai politik pengusung Pak Jokowi sudah sepakat bahwa nama cawapres akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pada momentum yang tepat," kata Hasto. (*)