Padang Panjang terima penghargaan Kota Layak Anak

id Kota Layak Anak,Padang Panjang,Hari Anak Nasional

Padang Panjang terima penghargaan Kota Layak Anak

Pemerintah Padang Panjang menerima penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian PPPA. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak atas kepedulian pada anak dan hak-hak anak.

Penghargaan diterima di Surabaya, Senin, saat puncak peringatan Hari Anak Nasional dan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Padang Panjang, Martoni menyebut penghargaan yang kembali diraih tersebut sebagai wujud kepedulian daerah memenuhi dan memperhatikan hak anak.

Sebagai generasi penerus, ia menilai sudah seharusnya anak menjadi perhatian pemerintah di setiap daerah dengan memenuhi kebutuhan dan haknya.

Saat ini di Indonesia baru dua daerah yaitu Surabaya dan Solo yang telah betul-betul komitmen terhadap anak dengan memperoleh penghargaan dikategori utama.

Diupayakan pemerintah setempat meningkatkan komitmen tersebut di mana perangkat daerah yang ada memberikan dukungan dalam programnya terhadap perlindungan dan kebutuhan anak.

"Anak mesti punya kesempatan menyalurkan kreativitasnya. Ini baiknya didukung sarana seperti ruang terbuka ramah anak, fasilitas pendidikan hingga di fasilitas umum," ujarnya. (*)