Inovasi PSC II9 Smash Care's Pemkot Solok diperkenalkan di Singapura

id pelayanan kesehatan solok,pcs 119

Inovasi PSC II9 Smash Care's Pemkot Solok diperkenalkan di Singapura

Wali Kota Solok, Zul Elfian mempresentasikan PSC 119 di Singapura, Kamis (19/7) (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat memperkenalkan Public Safety Center (PSC) 119 Smash Care' dalam pertemuan Leaderpreneurship yang diusung Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia dan CSC Singapura, Kamis (19/7).

Wali Kota Solok, Zul Elfian di Singapura, Kamis mengatakan PSC 119 Solok Madinah Sehat Cara Revolusi Sehat (Smash Care's) merupakan inovasi penting yang diciptakan dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang kesehatan.

"Dasarnya, PSC 119 Smash Care's merupakan sebuah sistem penanggulangan kondisi gawat darurat terpadu melalui call center yang bisa dihubungi 24 jam dan 7 hari dalam seminggu," katanya.

Program yang terintegrasi secara luas itu tidak saja diperuntukkan bagi masyarakat Kota Solok semata, namun juga bagi warga daerah lainnya yang membutuhkan layanan kesehatan gawat darurat di Kota Solok, seperti kasus kecelakaan dan lainnya.

Zul Elfian mengakui inovasi layanan kesehatan tersebut beranjak dari sejumlah kasus gawat darurat yang lambat tertangani sehingga berdampak fatal, ditambah dengan belum tersedianya ambulan siaga di seluruh wilayah Solok.

"Sebelum adanya PSC 119 Smash Care's, hanya sekitar 30 persen kebutuhan layanan kegawatdaruratan dan kasus penyakit tertentu yang terlayani di tempat, tapi sekarang nyaris seluruhnya tertangani dengan cepat dan tepat," ujarnya.

Cara kerja PSC 119 Smash Care's juga sangat efektif. Masyarakat atau keluarga yang ada di lokasi yang membutuhkan penanganan gawat darurat tinggal menelpon call center 119.

Nanti, akan tersambung dengan operator. Dalam waktu yang relatif singkat, ambulance dan tenaga medis akan langsung datang ke lokasi.

Kemudian, dari hasil diagnosa dokter, akan ditentukan apakah pasien bisa ditangani langsung ditempat atau membutuhkan rujukan ke fasilitas rumah sakit yang ada di Solok.

"Untuk lebih meluaskan penerapan PSC 119 Smash Care's, Pemkot juga menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian dan rumah sakit yang ada di kota tersebut," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemerintah setempat melaunching PSC 119 Smash Care's pada akhir November 2017 lalu. Inovasi tersebut langsung diluncurkan oleh Menteri kesehatan Nila F.Moeloek.

Pada kesempatan tersebut, Zul Elfian mempresentasikan PSC 119 Smashcare’s dihadapan Civil Service College atau Temasek Founfation serta 20 undangan dari seluruh Indonesia. Dari 20 undangan tersebut, Kota Solok berkesempatan mewakilkan Sumatera Barat dalam Program tersebut. (*)