Pelajar di Pasaman Barat lakukan tes urine

id Tes Urine,BNNK Pasaman Barat

Pelajar di Pasaman Barat lakukan tes urine

Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effendry saat memeriksa urine pelajar di Pasaman Barat. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan tes urine kepada 60 pelajar yang tergabung dalam anggota pramuka di Pasaman Barat.

"Dari hasil tes urine menunjukan seluruh peserta perkemahan festival tahunan Adyarajaddipa itu negatif," kata Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effendry di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan tes urine ini sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba dilingkungan pelajar.

Setelah dilakukan tes urine, dari 60 pelajar secara acak ternyata hasilnya negatif.

Rencananya kedepan BNNK Pasaman Barat akan mengandeng anggota pramuka sebagai garda terdepan pencegahan penyalahgunaan narkoba di dikalangan tempat tinggal dan sekolah mereka.

Setelah melakukan tes urine, seluruh peserta juga mendapatkan penyuhan langsung dari BNNK Pasaman Barat.

Ia berharap dengan penyuluhan tersebut bisa menekan penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar kedepan. Sebab, saat ini pelajar dan remaja rawan menjadi pasar potensial peredaran narkoba.

"Seluruh yang kita tes hasilnya negatif. Ini menunjukan pramuka bisa menjadi rekan kita mencegah peredaran narkoba di Pasaman Barat," ujarnya.

Ia menambahkan, tes urine ini dilakukan menyikapi maraknya peredaran narkoba di Pasaman Barat.

Bahkan beberapa diantara bandar atau pengedar itu masih berstatus usia produktif atau usia pelajar, sehingga sangat rawan mempengaruhi dan merusak generasi muda pasaman barat.

BNNK Pasaman Barat mengaku kedepan akan terus berupaya keras melakukan sosialisasi agar narkoba tidak berkembang di Pasaman Barat.

Terutama di kalangan generasi muda, pelajar, dan masyarakat secara umum.

Disisi lain, pihaknya bersama kepolisian saat juga berupaya melakukan penumpasan dan peangkapan para bandar narkoba yang menjadi sumber kerusakan generasi Indonesia.

"Mari kita bersama-sama mencegah dan menupas peredaran narkoba di Pasaman Barat," harapnya. (*)