Ini dia sembilan lokasi bunga reflesia di Kabupaten Agam

id Bunga rafflesia,Rafflesia di agam,bksda

Ini dia sembilan lokasi bunga reflesia di Kabupaten Agam

Ilustrasi - Rafflesia Arnoldi (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

Lubukbasung, Sumbar, 22/7 (Antara) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Sumatera Barat, mencatat sebanyak sembilan titik lokasi tumbuh bunga rafflesia jenis arnoldi dan tuan mudae.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resort Agam, Ade Putra di Lubukbasung, Minggu menyebutkan kesembilan titik itu tersebar di Marambuang Nagari Baringin Kecamatan Palembayan, Data Sungai Taleh Nagari Baringin Kecamatan Palembayan.

Lalu Kelok 42 dan Kelok 35 Nagari Matua Mudik Kecamatan Tanjungraya, Batang Palupuh Kecamatan Palupuh, Salo Kecamatan Baso.

Selain itu, Sigiran Kecamatan Malalak, Kamang Mudik Kecamatan Tilatangkamang, Sigiran Kecamatan Tanjungraya.

"Di Marambuang bunga rafflesia jenis tuan mudae pernah mekar dengan diameter 107 centimeter atau terbesar di dunia," tambahnya.

Sembilan titik ini masih ada knop atau kuncup bunga langka itu sehingga beberapa bulan kedepan akan mekar.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warga agar tidak merusak habitat dan inangnya saat ke hutan.

"Lokasi ini tetap kita pantau setiap bulan untuk memastikan apakah bunga itu mekar," tambahnya.

Di Sumbar, tambahnya, bunga rafflesia itu tumbuh di Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Tanahdatar, Solok Selatan, Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Padang dan Padang Panjang.

Bunga rafflesia itu dengan Jenis arnoldi, tuan mudae, gadut tensis dan aselteii.

Wali Nagari Baringin, Yulbahri menambahkan, lokasi temuan ini akan dijadikan sebagai objek wisata alam dan pusat penelitian bagi mahasiswa.

"Ini wacana kita kedepan, karena di Marambuang, Nagari Baringin, juga ditemukan lokasi tumbuhnya rafflesia jenis tuan mudae sebanyak puluhan knop," katanya.

Dengan begitu tumbuhan langka itu akan terjaga dengan baik dan akan dikunjungi oleh wisatawan atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian, sehingga menambah pendapatan dari masyarakat sekitar.

"Ini target kita kedepan karena lokasi tumbuhnya rafflesia sangat banyak di Nagari Baringin," katanya. ***4***