Calon guru, inisiasi batang buah naga hasilkan listrik

id listrik buah naga

Rangkaian penghantar listrik dari tanaman buah naga merah ciptaan mahasiswa STKIP PGRI Sumbar (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang,(Antaranews Sumbar) - Empat mahasiswa bidang pendidikan STKIP PGRI Sumbar Kurnia Wulan Sari, Indri Dwi Lelita Sari, Mike Andam Sari, dan Karlin Marta Putri menginisiasi penelitian guna menghasilkan energi listrik dari sumber batang tanaman buah naga merah.

"Dikatakan inisiasi karena masih perlu banyak perbaikan, namun secara prinsip dari tiga batang buah naga bisa menghidupkan lampu LED pijar sebesar 3 volt," kata salah satu anggota Kurnia di Padang, Sabtu.

Dia menjelaskan pada dasarnya bahan dan alat yang digunakan cukup sederhana yakni tiga batang tanaman buah naga, kabel positif dan negatif, lempeng tembaga, dan lampu.

Kemudian dilakukan rangkaian listrik dengan sistem paralel dengan sumbernya batang buah naga yang dihubungkan kabel.

Adapun latar belakang melakukan penelitian ini karena mirisnya melihat harga pelayanan listrik yang mahal serta banyaknya sampah organik yang tidak terpakai seperti ampas tanaman buah naga tersebut.

Ke depan penelitian ini akan dibuat skala besar dengan perhitungan analisis yang tepat.

Dia mengaku masih banyak kekurangan seperti ketepatan dalam perhitungan kandungan serta besaran listrik yang didapatkan.

Pembimbing penelitian tersebut Abizar, M.Si menambahkan penelitian ini bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 dengan judul "Alat Penghantar Listrik dari Buah Naga Merah".

Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar teliti batang buah naga hasilkan listrik. (Antara Sumbar/M R Denya)


Ini merupakan ide dari mahasiswa yang secara sederhana disusun menjadi sebuah karya ilmiah.

Penelitian ini dilaksanakan oleh tiga mahasiswa Pendidikan Biologi dan satu orang Pendidikan Fisika.

Yang menjadi unik, mahasiswa yang berkecimpung dalam tujuan untuk mengajar atau menjadi guru memiliki keinginan meneliti dan menciptakan karya sebagaimana ilmu murni.

Ke depan akan dikembangkan lagi penelitian terkait buah naga menghasilkan listrik dengan parameter dan perlakuan yang berbeda. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar