TGB imbau jangan bermusuhan karena perbedaan pandangan politik

id Zainul Majdi

TGB imbau jangan bermusuhan karena perbedaan pandangan politik

Gubernur NTB, Zainul Majdi. (cc)

Perbedaan politik di Indonesia tidak boleh sampai melahirkan fatwa keagamaan yang menganggap orang yang berbeda pandangan itu tidak muslim apalagi sampai mengatakan orang tersebut munafik
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengatakan jangan bermusuhan karena perbedaan pandangan politik apalagi sampai mengkafirkan sesama.

"Hati-hati ketika mengkafirkan orang yang tidak kafir, karena ucapan tersebut akan kembali kepada kita," kata TGB saat ditemui usai konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, perbedaan politik di Indonesia tidak boleh sampai melahirkan fatwa keagamaan yang menganggap orang yang berbeda pandangan itu tidak muslim apalagi sampai mengatakan orang tersebut munafik.

Menurut dia kontestasi kepemimpinan di Indonesia adalah kontestasi yang kerangkanya berlomba dalam kebaikan, maka calon-calon yang ikut adalah calon-calon yang terbaik.

Oleh sebab itu jangan sampai ada fatwa keagamaan yang dapat merusak persaudaraan kita sebagai bangsa.

"Maka kita bersilaturahmi baik-baik apapun pandangan politiknya, jangan sampai ada perkataan bahwa yang berbeda maka kadar imannya kurang. Kalau ada nonmuslim dalam konteks ber-Indonesia maka mereka adalah saudara berbangsa yang harus kita hormati, mari kita bersihkan ruang publik kita dari ujaran kebencian," kata dia.

Dia pun meminta para ulama dapat mengikuti ajaran Rasulullah untuk menghadirkan kesejukan bagi umat. (*)