Bunga langka Rhizanthes Lowii ditemukan di Agam

id Bunga Langka,Bunga Rhizanthes Lowii,Rhizanthes Lowii ditemukan di Agam

Bunga langka Rhizanthes Lowii ditemukan di Agam

Bunga langka jenis Rhizanthes Lowii di hutan lindung di Kampung Kubu Gadang, Jorong Panji, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kamis (19/7). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Masyarakat Nagari Matur Mudik, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menemukan bunga langka jenis Rhizanthes Lowii di hutan lindung saat gotong royong mengerjakan jalan menghubungkan Matur ke Kecamatan Tanjungraya, Selasa (17/7).

Salah seorang warga Matur, Anto (41) di Lubukbasung, Jumat, mengatakan bunga langka itu ditemukan di Kampung Kubu Gadang, Jorong Panji, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya.

"Kami melihat beberapa kuncup bunga langka saat gotong royong," katanya.

Dengan temuan itu, pihaknya langsung menghubungi anggota Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam.

Kepala BKSDA Resort Agam, Syahrial Tanjung didampingi Pengendali Ekosistem, Ade Putra menambahkan pihaknya telah melakukan pengecekan dan pengamatan ke lokasi penemuan tumbuhan langka yang diduga jenis Rhizanthes Lowii, Kamis (19/7).

"Saat ke lokasi, kami ditemani oleh warga yang menemukan bunga itu," katanya

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di lokasi, tambahnya, ditemukan kuncup atau knop tumbuhan ini sebanyak 13 buah, dengan ukuran berdiameter bervariasi dan sudah ada yang melewati fase mekar.

"Diameter terbesar yang ditemukan di lokasi ini sekitar 32 centimeter dalam kondisi sudah mulai membusuk," katanya.

Bunga langka yang masuk dalam famili Rafflesiaceae atau masih satu suku dengan bunga rafflesia.

Tumbuhan parasit ini memiliki kemiripan karakter fisik yang sama dengan bunga rafflesia yaitu tidak memiliki batang, akar, daun dan klorofil sehingga tumbuhan ini tidak dapat melakukan fotosintesis tetapi bergantung kepada inangnya.

Tumbuhan ini biasa hidup di daerah dengan ketinggian 500-1300 mdpl.

Untuk di Pulau Sumatera khususnya Sumatera Barat, tumbuhan ini ditemukan sebanyak tiga jenis yakni, Rhizanthes deceptor, Rhizanthes Lowii dan Rhizanthes Infanticida.

Kerusakan habitatnya mengakibatkan telah membuat keberadaan Rhinzanthes di ambang kepunahan. Rhizanthes masuk dalam daftar Convention on International Trade in Endengered Species of Wild Flora and Fauna (CITES). (*)