Rupiah kembali ditutup melemah

id rupiah melemah

Rupiah kembali ditutup melemah

Lembaran mata uang Rupiah edisi baru diperlihatkan di Manado, Sulawesi Utara. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis sore, ditutup melemah sebesar 28 poin menjadi Rp14.442 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.414 per dolar AS.

"Belum adanya sentimen yang signifikan dapat membuat laju rupiah bertahan di zona hijaunya," kata analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Kamis.

Adanya pengumuman Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang tetap mempertahankan suku bunga tidak dapat menahan pelemahan rupiah lebih lanjut.

Pergerakan mata uang dolar AS masih bergerak positif seiring optimisme yang disampaikan Gubernur The Fed Jerome Powell.

Dalam pidatonya, ia percaya bahwa ekonomi AS akan bertumbuh stabil dan risiko dari imbas adanya perang dagang akan cenderung mengecil.

Akibat dari sentimen tersebut, laju rupiah cenderung tertekan dan kembali melemah.

Dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Kamis, tercatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp14.418 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.406 per dolar AS.

Sama dengan rupiah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore ditutup melemah 19,65 poin menjadi 5.871,08 seiring dengan melemahnya bursa saham regional Asia.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak turun 5,74 poin (0,62 persen) menjadi 920,97. (*)