Arak-arakan dan makan bajamba meriahkan HUT Lubukbasung sebagai ibu kota Kabupaten Agam (Video)

id Arak-arakan jamba

Arak-arakan dan makan bajamba meriahkan HUT Lubukbasung sebagai ibu kota Kabupaten Agam (Video)

Kaum perempuan Lubukbasung, Kabupaten Agam, menjunjung jamba saat arak-arakan memeriahkan peringatan 25 tahun Lubukbasung sebagai ibu kota kabupaten setempat, Kamis (19/7). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Ini dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Arak-arakan 45 jamba atau nampan berisi berbagai jenis makanan yang dijunjung di atas kepala perempuan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ikut memeriahkan peringatan 25 tahun Lubukbasung sebagai ibu kota kabupaten itu, Kamis.

Arak-arakan jamba yang diiringi tambua tansa atau kesenian tradisional Minangkabau, dimulai dari halaman Kantor Bappeda Agam, menuju halaman kantor bupati setempat sampai ke rumah bupati dengan jarak sekitar 600 meter.

"Sesampai di rumah dinas bupati, dilanjutkan makan bajamba atau makan secara adat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Jetson di Lubukbasung, Kamis.

Makan bajamba dimulai dengan upacara adat Minangkabau dan diikuti oleh Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Forkompinda, kepala organisasi perangkat daerah, tokoh masyarakat dan lainnya.

Sedangkan ke 45 jamba itu merupakan partisipasi dari organisasi perangkat daerah, lembaga sosial, sekolah, nagari dan lainnya.

Makan bajamba ini setiap tahun diadakan setelah upacara peringatan 25 tahun Lubukbasung sebagai ibukota kabupaten itu.

"Ini dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda," katanya.

Selain jamba, pemerintah setempat juga akan mengadakan berbagai perlombaan dalam memeriahkan perpindahan ibukota tersebut.

Lomba itu berupa jalan santai, kebersihan kantor dan sekolah.

Sebelumnya, Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, Lubukbasung sebagai ibukota kabupaten sudah banyak mengalami perubahan di bidang pembangunan infrastruktur seperti, pembangunan yang telah dilakukan itu seperti, Sport Center Bukik Bunian dan Gelanggang Olahraga Rang Agam dengan menyediakan sarana olahraga dan juga dapat dimanfaatkan untuk acara-acara lainnya serta tempat bermain anak-anak.

Lalu pembangunan kompleks perumahan dan rumah susun sewa yang bekerjasama dengan Kementerian maupun swasta untuk menyediakan hunian yang sehat dan layak bagi masyarakat.

Peningkatan sarana prasarana jalan Kota Lubukbasung dari aspal lapen menjadi aspal hotmix serta trotoar dan lainnya.

"Perubahan itu dilakukan melalui sentuhan pembangunan yang inovatif," katanya. (*)