Pariaman akan berangkatkan 117 jamaah calon haji gabung kloter 11

id haji

Pariaman akan berangkatkan 117 jamaah calon haji gabung kloter 11

Jamaah calon haji bersiap memasuki pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/Spt/18)

Pariaman, 19/7 (Antara) - Sebanyak 117 jamaah calon haji asal Kota Pariaman, Sumatera Barat, dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu (28/7) melalui Bandara Internasional Minangkabau untuk gelombang pertama kloter 11.

"Total tersebut terdiri dari 114 jamaah calon haji, dua orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan satu orang dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI)," kata Kepala Bagian Kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman, Armaizal di Pariaman, Kamis.

Ia merinci berdasarkan jenis kelamin, jamaah calon haji terdiri atas 45 laki-laki dan 72 perempuan.

Sementara berdasarkan usia, ujar dia, jamaah calon haji tertua asal Kota Pariaman ialah Idris Bin Sawik (75) dan yang termuda Wahyu Pratama Bin Yusmadi (32).

Ia menjelaskan terdapat dua tahapan proses keberangkatan jamaah calon haji yang akan dilaksanakan oleh pemerintahan setempat.

Pertama, Pemerintah Kota Pariaman akan melepas keberangkatan jamaah calon haji secara resmi pada 25 Juli di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman.

Kemudian calon jamaah haji akan diberangkatkan dari Halaman Balaikota Pariaman menuju asrama haji Padang pada 27 Juli 2018.

Ia mengatakan rombongan diberangkatkan menggunakan tiga bus serta satu truk untuk membawa barang-barang jamaah calon haji.

"Untuk pemberangkatan menuju Tanah Suci dilaksanakan pada 28 Juli 2018," kata dia.

Selain itu dalam pemberangkatan jamaah calon haji Kota Pariaman, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama sejak 2009.

Kerja sama tersebut, katanya, terkait pemberangkatan jamaah calon haji ke embarkasi Padang yang akan didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pariaman.

"Untuk proses pemulangan jamaah haji ke Kota Pariaman nantinya dijadwalkan pada 8 September," ujarnya. (*)