Irwan Prayitno: Saya tak berharap jadi cawapres

id Cawapres,irwan prayitno,pilpres 2019

Irwan Prayitno: Saya tak berharap jadi cawapres

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, Kusriyanto saat menghadiri HANI 2018 di Padang, Jumat (13/7). (Miko Elfisha) (Miko Elfisha/)

Kita juga harus mengukur bayang-bayang. Sejak awal tidak berharap untuk itu
Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan dirinya tidak berharap untuk jadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden manapun.

"Kita juga harus mengukur bayang-bayang. Sejak awal tidak berharap untuk itu," katanya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu terkait beredarnya sejumlah nama mantan gubernur di Indonesia yang disebut-sebut masuk bursa calon wakil presiden diantaranya Ahmad Heryawan dan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Meski secara pribadi mengaku tidak ingin jadi cawapres, namun secara partai, nama Irwan Prayitno masuk dalam sembilan calon presiden atau wakil presiden berdasarkan penjaringan secara internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Syafar bahkan terang-terangan mendorong Irwan Prayitno menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden 2019.

Menurutnya itu adalah harapan dari masyarakat di Sumbar. Namun, ia menyadari perlu banyak pertimbangan untuk merealisasikan itu.

Pengamat politik Unand Asrinaldi mengatakan Irwan Prayitno pantas untuk dipertimbangkan menjadi calon wakil presiden karena rekam jejaknya selama memerintah Sumbar cukup bagus.

Ratusan penghargaan yang diterima bisa merepresentasikan keberhasilannya selama ini, meski itu bukan satu-satunya indikator yang harus digunakan.

Irwan juga dinilai cukup berhasil menerapkan tranparansi pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah hingga diganjar penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) beberapa kali secara berturut-turut.

Namun menurutnya untuk menjadi calon wakil presiden banyak hal yang menjadi pertimbangan dari koalisi partai.