Wabup Solok Selatan dorong Bumnag ikut mengelola potensi pariwisata

id Abdul Rahman

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman foto bersama dengan para Wali Nagari di Kabupaten itu sebelum melakukan kunjungan kerja ke Lombok Barat guna mempelajari pengelolaan wisata. (ist)

Fokus saja pada satu destinasi, nanti pemkab siap sharing anggaran untuk pengembangan objek wisata di nagari itu
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Abdul Rahman mendorong Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) yang sudah terbentuk untuk mengelola potensi pariwisata yang ada di nagari (desa adat).

"Ke depan 'One village one destination' atau satu daerah satu destinasi wisata dikembangkan oleh pemerintahan nagari. Untuk itu Bumnag harus terlibat dalam pengelolaan pariwisata," ujarnya saat memberikan arahan kepada para Wali Nagari (kepala desa adat) yang akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah desa wisata di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) di Padang Aro, Rabu.

Ia mengatakan agar usaha Bumnag ini berjalan baik diperlukan kreatifitas pemerintahan nagari.

Kemudian pemerintahan nagari harus sungguh-sungguh menggarap potensi pariwisata, karena pemerintah kabupaten juga akan melakukan sharing anggaran bagi nagari yang serius.

"Fokus saja pada satu destinasi, nanti pemkab siap sharing anggaran untuk pengembangan objek wisata di nagari itu," ujarnya.

Wali Nagari dan Camat juga harus bisa mengambil berbagai pelajaran dari kunjungan-kunjungan yang akan dilakukan ke desa wisata di Lombok Barat.

"Daerah ini sebelumnya dikenal terbelakang, tandus, dan tidak menarik untuk dikunjungi, namun sekarang sudah maju, bahkan beberapa desanya dianggap terbaik dalam pengelolaan desa, sehingga kunjungan ini bisa dimanfaatkan nagari untuk belajar," ujarnya.

Ia mengingatkan nagari agar mempergunakan kunjungan ini sebaik-baiknya, dan dijadikan inspirasi untuk kemajuan nagari masing-masing.

Para Wali Nagari dan Camat se-Kabupaten Solok Selatan direncanakan akan mengunjungi dua desa di Kababupaten Lombok Barat.

Solok Selatan sendiri memiliki potensi wisata yang banyak dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Makanya pemerintah Solok Selatan sejak beberapa tahun belakangan fokus dalam pengembangan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar