Capai target kursi DPRD Sumbar, Golkar rangkul mantan kepala daerah maju Pileg

id golkar

Capai target kursi DPRD Sumbar, Golkar rangkul mantan kepala daerah maju Pileg

Ketua KPU Sumbar Amnasmen (dua kiri) menyerahkan tanda terima kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota legislatif kepada Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim (dua kanan) di Kantor KPU Sumbar Kota Padang, Selasa (17/7). (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - DPD Partai Golkar Sumatera Barat merangkul mantan kepala daerah di tingkat kota dan kabupaten di provinsi itu untuk maju dalam pemilihan legislatif 2019.

Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim selepas pendaftaran caleg di KPU Sumbar di Padang, Selasa mengatakan ada dua mantan kepala daerah yang akan maju bersama Partai Golkar dalam pemilu legislatif untuk menjadi anggota DPRD Sumbar.

"Ada mantan Bupati Pasaman Benny Utama dan mantan Wakil Wali Kota Padang Yusman Kasim," katanya.

Selain itu ada juga Desri Ayunda yang sebelumnya ikut berlaga dalam Pilkada Kota Padang 2018 yang maju bersama Emzalmi.

"Kader yang kami daftarkan ini memiliki beragam latar belakang pendidikan mulai dari doktor, magister, sarjana dan lulusan SMA. Untuk lulusan SMA ada sekitar 23 persen, sarjana 55 persen, magister sekitar 20 persen dan satu orang bergelar doktor," katanya.

Pihaknya mendaftarkan sebanyak 65 calon anggota legislatif kepada KPU Sumbar dan jumlah tersebut telah memenuhi kuota perempuan minimal 30 persen.

"untuk calon anggota legislatif perempuan sekitar 38 persen dan caleg berumur di bawah 30 tahun sekitar 10 persen dalam pilkada ini," katanya.

Ia mengatakan dalam pemilu ini pihaknya menargetkan kemenangan sehingga mampu mempertahankan posisi sebagai Ketua DPRD Sumbar.

"Kami yakin degan potensi yang dimiliki untuk kembali menjadi pemenang dalam Pemilu Legislatif 2019," katanya.

Sementara Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan sudah sembilan partai yang mendaftarkan caleg mereka ke KPU Sumbar hingga Selasa (17/7) pada pukul 20.00 WIB.

Kesembilan partai itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perindo, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, Partai Hanura, PDI Perjuangan, PBB, PPP dan Golkar.

"Pendaftaran calon anggota legislatif masih dibuka hingga pukul 00.00 WIB nanti," kata dia. (*)