Dharmasraya-Kemendikbud gelar sosialisasi pendidikan keluarga

id Pendidikan Keluarga

Wakil Bupati Amrizal (tengah), Sekretaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi (kanan), dan Kasubdit Direktorat Jenderal Pendidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Arya A Margun Wibowo (kiri) dalam pembukaan sosialisasi pendidikan keluarga. (ANTARA SUMBAR/Humas Dharmasraya)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan Kemendikbud menyelenggarakan sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga, dalam upaya meningkatkan kapasitas satuan pendidikan.

"Sosialisasi ini untuk membangun kerja sama antara sekolah, keluarga dan masyarakat," kata Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal di Pulau Punjung, Selasa.

Kegiatan tersebut diikuti 190 peserta dari jajaran Dinas Pendidikan, menghadirkan narasumber Kasubdit Direktorat Jenderal Pendidikan PAUD dan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Arya A Margun Wibowo.

Ia mengatakan lebih jauh sosialisasi dapat mendorong satuan pendidikan dalam menyelenggarakan layanan pendidikan keluarga dan meningkatkan mutu layanan pendidikan keluarga di satuan pendidikan.

Menurutnya, perkembangan anak dipengaruhi oleh pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga. Selain itu faktor lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan berperan dalam perkembangan anak.

"Apalagi berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era globalisasi membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itulah dibutuhkan kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat," ujar dia.

Ia berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga acara tersebut betul-betul membawa dampak bagi kemajuan pendidikan di Dharmasraya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi, menambahkan Sumatera Barat hanya ada tiga daerah yang dipilih Kemendikbud untuk menyelenggarakan kegiatan serupa, yaitu Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Dharmasraya.

Ia berharap melalui kegiatan itu ke depan terbangun sinergitas dan kemitraan antara sekolah, keluarga dan masyarakat dalam menyukseska setiap program pendidikan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar