Kapolda pastikan Sumbar aman jelang Asian Games

id Kapolda Sumbar,Irjen Pol Fakhrizal ,Asian Games

Kapolda pastikan Sumbar aman jelang Asian Games

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal (dua kiri). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal menyatakan wilayah Sumbar aman dan kondusif menjelang perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

"Sejauh ini kondisi keamanan di Sumbar cukup kondusif dan ini akan terus dipertahankan," katanya di Padang, Selasa.

Menurut dia meskipun situasi Sumbar relatif kondusif, pihaknya tidak akan lengah dalam melakukan pengawasan terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan terjadinya aksi teror.

Terkait dengan ancaman terorisme, Polda Sumbar dan jajaran terus meningkatkan pemantauan di lapangan dan deteksi dini apabila ada individu maupun kelompok yang mengganggu keamanan.

"Selain Densus 88, kami juga telah membentuk tim di daerah untuk mendeteksi aksi teror dan mereka semua bekerja untuk mengantisipasi hal tersebut," katanya.

Dirinya juga mengajak masyarakat berpartisipasi mewujudkan ketertiban dan keamanan yang kondusif. Serta melaporkan jika ada hal-hal mencurigakan kepada aparat keamanan terdekat.

"Kami mengimbau masyarakat segera melaporkan bila ada orang asing atau tidak dikenal di lingkungan tempat tinggal. Hal ini sebagai bentuk pencegahan dini terhadap gangguan keamanan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) telah melakukukan penelitian di tujuh kota dan kabupaten di Sumbar sejak Februari 2018 untuk mengukur kinerja aparat kepolisian.

Kepala BPI KPNPA RI Rahmad Suhendar menyatakan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal dianggap mampu melakukan pengendalian keamanan dan ketertiban masyarakat secara baik dengan pendekatan lokal setempat.

"Masyarakat menyukai pendekatan yang dilakukan Fakhrizal sehingga hal itu membantu tugasnya dalam menjalankan Kamtibmas," katanya.