Piala Dunia - Presiden FIFA katakan World Cup ubah persepsi pada Rusia

id piala dunia

Piala Dunia - Presiden FIFA katakan World Cup ubah persepsi pada Rusia

Piala Dunia Rusia. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Turnamen, yang akan berakhir pada Minggu dengan pertandingan final antara Perancis dan Kroasia di stadion Luzhniki Moskow, telah mampu mengubah "Persepsi dunia selama ini tentang Rusia,
Moskow, (Antaranews Sumbar) - Digelarnya World Cup (Piala Dunia) sepak bola 2018 telah membantu mengubah pandangan orang-orang pada Rusia, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan di depan para hadirin di sebuah acara di Teater Bolshoi Moskow pada Sabtu, dan dihadiri pula Presiden Rusia Vladimir Putin.

Turnamen, yang akan berakhir pada Minggu dengan pertandingan final antara Perancis dan Kroasia di stadion Luzhniki Moskow, telah mampu mengubah "Persepsi dunia selama ini tentang Rusia," ujar Infantino.

"Kami melakukan kerja sama dengan baik," tambahnya seraya mengangguk kepada Putin.

"Terima kasih, Pak Presiden, atas kata-kata dan sambutan baik Anda," ujar Putin dalam Bahasa Inggris, yang jarang ia gunakan di depan publik.

Putin mengatakan kepada para hadirin yang diantaranya sejumlah mantan bintang sepak bola termasuk, Ronaldo asal Brazil dan Marcel Desailly, serta pejabat pemerintah Rusia bahwa dia merasa sedih turnamen itu hampir berakhir tetapi ia juga mencatat Piala Dunia telah membantu memperbaiki gambaran tentang negaranya.

"Kami tidak mampu tetapi merasa sedih karena festival sepak bola spektakuler ini, yang telah memberi kita begitu banyak momen bahagia, kesan yang hidup dan teman baru, hampir berakhir," Putin menuturkan.

"Mitos dan stereotipe telah hilang."

Turnamen selama sebulan penuh telah diadakan tanpa insiden keamanan yang berarti, sementara kekhawatiran tentang kemungkinan insiden rasisme dan kekerasan hooligan yang dibesar-besarkan sebelum penyelenggaraan Piala Dunia Rusia tidak terbukti.

Banyak penggemar dari seluruh dunia juga telah berbicara tentang sebuah pengalaman positif di Piala Dunia di Rusia.

Putin mengatakan bahwa Rusia ingin sekali melihat para penggemar Piala Dunia kembali ke negara masing-masing setelah turnamen. Fans yang memasuki Rusia tanpa visa dan hanya menggunakan ID penggemar sebagai sebuah dokumen wajib untuk memasuki stadion membuktikan pemegangnya telah diperiksa dan disetujui oleh pihak berwenang.

"Di Rusia, kami selalu senang melihat teman-teman kami baik yang sudah tua maupun masih muda, sekarang kita punya lebih banyak lagi," kata Putin.

Sementara itu Wakil Perdana Menteri Rusia Olga Golodets, yang bertugas di bidang olahraga dan budaya, pada pekan ini menyatakan bahwa negara tersebut mengharapkan perhelatan Piala Dunia akan berdampak pada peningkatan 15 persen wisatawan mancanegara pada tahun depan.(*)