Media miliki peran strategis kembangkan pariwisata

id pariwisata solok selatan

Media miliki peran strategis kembangkan pariwisata

Para awak media yang bertugas di Solok Selatan foto bersama dengan SekdaYulian Efi, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Harri Trisna. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Sekretaris Kabupaten Solok Selatan, Sumbar Yulian Efi, mengatakan media massa memiliki peranan strategis dalam memajukan pariwisata terutama dalam hal promosi supaya lebih dikenal lebih luas.

"Khususnya dinas terkait harus selalu menggandeng pers dalam kegiatan apapun karena peran mereka sangat penting sebagai corong mempromosikan sektor kepariwisataan di daerah ini," kata dia saat temu pers yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solok Selatan, di objek wisata Puncak Bangun Rejo, di Padang Aro, Jumat.

Menurutnya, sehebat dan sebesar apapun kegiatan yang dilaksanakan oleh pariwisata akan kurang terlihat semarak dan besar di mata publik jika pers tidak ikut campur dalam memberitakannnya.

Selain itu beragam produk wisata dan ekonomi kreatif akan menjadi semakin menarik melalui karya jurnalistik yang dikemas dalam berbagai sudut pandang.

"Setiap destinasi wisata yang ada di Solok Selatan tidak akan habis untuk diekplorasi menjadi daya tarik pariwisata oleh mereka insan pers," ujarnya.

Kemudian karya itu akan dengan cepat sampai ke publik lewat arus perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Terlebih lagi katanya, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemerintah daerah saat ini sedang fokus pada pertumbuhan wisata lokal dengan segala potensi yang ada.

Dengan demikian, dukungan semua pihak khususnya insan pers sangat diharapkan begitu juga unsur lainnya sesuai fungsi masing-masing.

Ia berharap, semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali untuk selalu mengutamakan produk lokal termasuk aset wisata yang ada.

Kabag Humas dan Protokol Setkab Solok Selatan Firdaus Firman menambahkan, selaku media promosi, maka tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan dan kemajuan wisata sebuah daerah tidak bisa dipisahkan dengan peran pers.

Pihaknya mendorong, semua unsur pelaku pariwisata di Solok Selatan bisa menjalin komunikasi yang baik, khususnya dengan para pewarta di daerah itu.

"Bukan berarti komunikasi antara unsur pelaku pariwisata Solel dengan wartawan di sini tidak berjalan baik selama ini, tetapi hal itu bisa dijalin agar makin baik dan terbuka ke depannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Solok Selatam, Harri Trisna mengatakan, selain kegiatan temu pers selain menjaga silaturahmi, juga bertujuan untuk meningkatkan wisatawan ke Solok Selatan dengan merangkul peran media.

Pihaknya juga bertekad untuk membuka keran komunikasi seluasnya bagi wartawan yang menginginkan data terkait wisata.

"Tentu tanpa harus meninggalkan fungsi kontrol kalangan pers kalau ada riak-riak kecil yang kemudian melahirkan kritik yang membangun mohon disampaikan langsung kepada kami," katanya. (*)