FIFA selidiki kemungkinan ujaran diskriminatif oleh pendukung Inggris

id FIFA

FIFA selidiki kemungkinan ujaran diskriminatif oleh pendukung Inggris

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). (Reuters)

Moskow, (Antaranews Sumbar) - Badan sepak bola dunia (FIFA) mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kemungkinan adanya ujaran-ujaran diskriminatif oleh suporter Inggris sepanjang pertandingan babak semifinal Piala Dunia melawan Kroasia pada Rabu.

FIFA tidak memberikan rincian dari ujaran-ujaran tersebut, tetapi hanya mengatakan telah menerima laporan dari pemantau saat pertandingan di Stadion Luzhniki, dimana tim Kroasia menang 2-1 setelah perpanjangan waktu.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa laporan itu telah diajukan melalui sistem pemantauan anti-diskriminasi dalam kaitannya dengan teriakan penonton yang bersifat diskriminatif dan kemungkinan dilakukan fans Inggris pada pertandingan kemarin," kata FIFA dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

"Selanjutnya, proses disipliner telah dibuka terhadap asosiasi sepak bola. Karena prosesnya sedang berlangsung, harap dipahami kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut untuk tahap ini."

FIFA telah mempekerjakan tim pengamat spesialis di semua pertandingan Piala Dunia untuk mendeteksi kemungkinan rasisme dan spanduk-spanduk bernuansa rasis saat digelarnya pertandingan. (*)