Ini jenis pesawat yang bakal mengangkut calon haji embarkasi Padang tahun ini

id pesawat haji

Ini jenis pesawat yang bakal mengangkut calon haji embarkasi Padang tahun ini

Sejumlah awak kabin menyambut para tamu pada penyambutan pesawat Boeing 777-300ER milik maskapai Garuda Indonesia setibanya di Hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/Koz/Spt/13

Ini merupakan tahun kedua Embarkasi Padang menggunakan Boeing 777, pesawat akan tiba di Padang 16 Juli 2018 untuk mengangkut kloter pertama
Padang, (Antaranews Sumbar)- Seluruh calon haji yang berangkat melalui Embarkasi Padang, Sumatera Barat akan diangkut menggunakan pesawat Boeing 777 milik maskapai Garuda Indonesia dengan kapasitas penumpang mencapai 396 orang.

"Ini merupakan tahun kedua Embarkasi Padang menggunakan Boeing 777, pesawat akan tiba di Padang 16 Juli 2018 untuk mengangkut kloter pertama," kata Stasion Manager Garuda Indonesia Padang, Megah Boma Putra di Padang, Kamis.

Menurut dia Boeing 777 memiliki tiga kru untuk kokpit, serta dukungan 13 kru kabin dengan waktu tempuh perjalanan ke Tanah Suci selama 9,5 jam.

"Kelebihan pesawat ini bisa terbang langsung sehingga tidak perlu transit untuk isi bahan bakar," ujarnya.

Untuk jalur penumpang naik ke pesawat disiapkan dua tangga karena belum tersedia garbarata yang sesuai dengan jenis pesawat.

Selain itu pesawat haji dari Embarkasi Solo dan Balikpapan juga transit di Bandara Internasional Minangkabau untuk mengisi bahan bakar.

"Bandara Minangkabau dipilih karena lebih efisien dari sisi jarak dan rotasinya lebih dekat untuk langsung ke Tanah Suci, total pesawat yang mendarat semuanya 125 terdiri atas 17 Embarkasi Padang dan 108 transit, "kata dia.

Ia memastikan Bandara Minangkabau bisa didarati pesawat haji dan sudah melakukan koordinasi dengan pihak bandara.

Megah menyampaikan pada musim haji 2017 Embarkasi Padang tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 100 persen dan ia berharap pada musim haji tahun ini bisa dipertahankan.

" Apalagi aturan di Saudi tahun ini cukup ketat ada pinalti jika mengalami keterlambatan dari waktu yang telah disusun," kata dia.

Kepada calon jamaah ia mengimbau memperhatikan barang bawaan, dan dilarang membawa jamu karena masuk barang yang harus melewati karantina.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Sumatera Barat akan memberangkatkan 6.346 calon haji pada musim haji 2018 terdiri atas 17 kelompok terbang.

" Hingga saat ini persiapan sudah tuntas, pada 16 Juli kloter pertama akan masuk asrama haji dan berangkat ke Tanah Suci pada 17 Juli," kata Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Irwan.

Ia merinci dari 6.346 calon haji tersebut terdiri atas 4.613 calon haji asal Sumbar, 1.653 dari Bengkulu didampingi 80 petugas haji. (*)