Padang kebut pembangunan infrastruktur perhubungan

id pembangunan jalan

Renovasi median jalan di Jalan Khatib Sulaiman Padang. (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang, 12/7 (Antara) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar mengebut pembangunan infrastruktur untuk perhubungan dan transportasi semisal jalan, jembatan dan trotoar pada tahun ini.

"Ini untuk mengejar target hingga tahun depan dalam hal betonisasi dan pengaspalan jalan, perbaikan jalan, penambahan jembatan serta pedestrian di beberapa lokasi," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan untuk betonisasi jalan targetnya 329,66 kilometer hingga saat ini lebih 90 persen telah terlaksana di sebelas kecamatan dan ada yang sedang berlangsung.

Dalam hal ini pihaknya akan mengupayakan penyelesaian hingga 100 persen pada akhir tahun ini, dengan anggaran lebih kurang Rp40 miliar, sebagai langkah pada 2019 dapat direncanakan pada lokasi lainnya.

Untuk perbaikan jalan selain dari betonisasi atau pengaspalan juga tengah dilakukan di beberapa jalan protokol seperti di Jalan Khatib Sulaiman yang direnovasi pada bagian mediannya.

Ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di kawasan perkantoran tersebut.

Setelah Khatib kata Mahyeldi, penguatan jalan juga akan dilakukan pada sepanjang jalur By Pass melalui dukungan swasta dan masyarakat.

Selain jalan, pihaknya juga terus menyelesaikan pembangunan trotoar atau pedestrian di beberapa lokasi.

Saat ini trotoar di Pasar Raya dan Jalan Muhammad Yamin telah tuntas sehingga dapat dinikmati pejalan kaki, termasuk di jalur wisata Jalan Samudera dan beberapa area protokol lainnya.

Ke depan beberapa trotoar yang rusak akan diperbaiki dan ditambah pada beberapa jalan yang belum memiliki pedestrian.

Untuk jembatan kata dia, beberapa jembatan tengah dalam pembangunan seperti di Pasie Nan Tigo Koto Tangah, pengerjaanya juga akan diselesaikan tahun ini.

Kemudian tengah mengusahakan pembebasan lahan guna melancarkan pembangunan Jembatan Kuranji di Kecamatan Kuranji. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar